Seminar Peningkatan Pemahaman Kriteria Akreditasi

Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen melaksanakan Seminar "Peningkatan Pemahaman Kriteria Akreditasi" bagi dosen di Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian Ibu Ir. Benika Naibahao, M.Si menjelaskan, bahwa ketiga program studi di FP UHN sudah menyusun dokumen akreditasi dengan mengacu pada sembilan kriteria, namun pemahaman dosen tentang kriteria dimaksud masih sangat terbatas. Informasi yang diperoleh masih terbatas, keterbatasan anggaran, pendokumentasian kegiatan yang kurang menjadi kendala dalam pembenahan fakultas untuk mendapat nilai akreditasi yang lebih tinggi.

Ketua Panitia, Ir. Rosnawyta Simanjuntak, MP dalam laporannya mengatakan bahwa seminar merupakan salah satu rangkaian dalam mempersiapkan re-akreditasi prodi di FP UHN untuk prngajuan tahun 2024. Diharapkan dengan kegiatan ini, masing-masing pihak memahami apa yang menjadi tanggungjawabmya, sehingga akan memberi dampak pada nilai aklreditasi.

Dr. Fotarisman Zaluchu, SKM., MPH sebagai narasumber dalam seminar ini, dengan sangat gamblang dan terinci menjelaskan bagaimana mempersiapkan dokumen sesuai dengan sembilan kriteria akreditasi, yang juga mengacu pada Standar nasional Pendidikan Tinggi tahun 2020. Dokumen minimal yang wajib dimiliki oleh fakultas dan prodi diantaranya dokumen mutu, renstra yang mengacu kepada SN dikti, rencana operasional tahunan, standar operasional prosedur. Dalam penjelasannya, dosen harus melakukan refleksi diri terkait apa yang sudah dilakukan sebagai pendidikan. Diskusi sangat hidup dan banyak pertanyaan yang disampaikan peserta, yang dipandu oleh moderator Bapak Ir. Bangun Tampubolon, MS. Kegiatan diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Pertanian, bertempat di Ruang Justin Sihombing pada tanggal 6 Juli 2022.

.