UHN Medan Selenggarakan Bimtek untuk DPRD Samosir

Keterangan Gambar :
Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Dr. Janpatar Simamora, SH., MH memberikan sambutan dalam Pembukaan Bimtek DPRD Kab. Samosir yang disaksikan oleh Dr. Haposan Siallagan, SH., MH (Rektor UHN), Rismawati Simarmata (Ketua DPRD Samosir) dan Dr. Kaiman Turnip (Kepala BPSDM Sumut) di Hotel Emerald Garden Internasional Medan baru-baru ini.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas HKBP Nommensen Medan melaksanakan Bimbingan Teknis untuk Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir yang dilangsungkan di Hotel Emerald Garden Internasional Medan, tanggal 6-9 November 2019. Bimbingan teknis DPRD tersebut diselenggarakan dengan koordinasi melalui BPSDM Provinsi Sumatera Utara. Bimtek tersebut diawali dengan Kata Sambutan dari Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH dan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH serta dibarengi dengan Kata Sambutan yang langsung disampaikan oleh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Kaiman Turnip.

Bimtek kali ini dilangsungkan dengan menghadirkan 4 narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing dengan unsur kepanitiaan diantaranya Nancy Sitompul, SE, MSi, Alida Simanjuntak, SPd, Mori Rajagukguk, SH dan Rona Panjaitan, AMd. Adapun narasumber dimaksud adalah Dr. Eriadi dari BPSDM Provinsi Sumatera Utara dengan membawakan materi Pedoman pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2019. Kemudian narasumber berikutnya adalah Dr. Pantas Silaban dengan materi Peranan Hard dan Soft Skills bagi anggota DPRD menjelang purna bakti.

Adapun narasumber berikutnya adalah Dr. Marlan Hutahaean dengan judul makalah Tugas dan Fungsi fasilitasi Sekretariat DPRD. Sedangkan narasumber keempat adalah Dr. Janpatar Simamora, SH., MH yang merupakan pakar hukum tata negara dengan judul materi Tugas dan Fungsi Fasilitasi Sekretariat DPRD dalam perspektif hukum.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan berharap agar Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan DPRD dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dr. Kaiman Turnip dalam sambutannya memaparkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sudah sangat baik dan mengharapkan agar LPPM UHN Medan tetap menjaga kualitas kegiatan yang sama di masa mendatang.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Rismawati Simarmata, Dipl.Hotlier menyampaikan sambutan yang pada intinya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pendalaman tugas ini. “Kami merasa bangga dan senang dengan kegiatan ini, semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat menambah wawasan kami dalam rangka menjalankan tugas-tugas sebagai wakil rakyat” pungkasnya.

Kegiatan pendalaman tugas dalam bentuk Bimtek ini dihadiri oleh unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir beserta sejumlah staff. Setelah seluruh rangkaian acara berakhir, Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH menutup acara dengan menyampaikan sejumlah pesan dan ucapan terimakasih. “Atas nama Universitas HKBP Nommensen, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir beserta Sekretaris DPRD dan staff yang telah berkenan dan percaya menjalin kerjasama dengan kami. Tak lupa juga kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas berbagai kekurangan selama pelaksanan acara” tegas Ketua Program Studi Magister Hukum UHN ini.

Acara ini ditutup dengan rangkaian acara penyerahan secara simbolis sertifikat kepada peserta yang diserahkan langsung oleh Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH kepada peserta yang diwakili oleh Ketua DPRD Kabupaten Samosir Rismawati Simarmata, Wakil Ketua Nurmerita Sitorus serta Sekretaris DPRD dan kemudian diakhiri dengan doa untuk menutup rangkaian acara.

 

.