LPPM UHN dan Kemenristekdikti Jalin Kerja Sama Peningkatan Kapasitas Penelitian

Ketua LPPM UHN Medan Dr. Janpatar Simamora SH, MH, sekretaris Yayasan UHN Pdt. Dr. Pintor M. Sitanggang foto bersama dengan Para Narasumber Kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian kerjasama UHN  dengan Kemenristekdikti di Grand Mercure Hotel

Para akademisi di lingkungan UHN Medan dan juga akademisi luar UHN sebagai satu komunitas akan kita dorong membangun budaya meneliti yang berkesinambungan. Hal itu ditegaskan oleh Ketua LPPM UHN Medan yang juga salah satu Pakar Hukum Tata Negara di Sumatera Utara ini saat memberikan kata sambutan di acara Workshop Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian yang diselenggarakan pada 29-30 Maret 2019 di Hotel Grand Mercure Medan. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara UHN Medan dengan LLDIKTI Sumut, Kemristekdikti RI sebagai wujud kepercayaan pada UHN Medan.

Workshop yang dilaksanakan selama 2 hari itu menghadirkan sejumlah narasumber terkemuka yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan dimaksud adalah Dr. Ir. Mustangimah, MSi yang juga merupakan Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset Kemenristekdikti, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH, Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, Prof. Dr. Saryono, Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko dan Prof. Dr. Badarudin.

“Kegiatan workshop ini merupakan wujud nyata dari kerjasama Universitas HKBP Nommensen dengan Kemenristekdikti dalam rangka membangun dan meningkatkan budaya meneliti di kalangan akademisi. Melalui kegiatan ini sangat diharapkan agar program penelitian di dunia perguruan tinggi dapat meningkat signifikan. Selain itu, peningkatan kualitas penelitian juga menjadi sasaran yang turut diharapkan lahir dari proses kegiatan ini” tutur Dr. Janpatar Simamora, SH., MH.

Adapun Dr. Ir. Mustangimah, Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset Kemenristekdikti menegaskan bahwa penelitian seyogianya memberikan dampak secara akademis maupun sosial ekonomi. Lebih lanjut disampaikan bahwa penelitian diharapkan dapat beralih dari riset yang berbasis aktivitas menjadi riset dengan basis invensi menuju inovasi. Selain itu, penelitian juga diharapkan dapat beralih dari pola ekonomi berbasis sumber daya alam menjadi penelitian berbasis ekonomi inovasi.

Di sisi lain, Dr. Janpatar Simamora, SH., MH didampingi oleh sekretaris LPPM UHN Ir. Rosnawyta Simanjuntak, MP menegaskan bahwa budaya meneliti perlu dibangun secara berkesinambungan sebab hal itu merupakan bagian dari tanggung jawab akademisi. “Kita menginginkan agar ke depan penelitian dosen dapat melahirkan sejumlah inovasi yang tidak saja bermanfaat bagi peneliti yang bersangkutan, namun juga berguna bagi masyarakat luas serta bagi nusa dan bangsa” pungkas pakar Hukum Tata Negara ini lulusan UGM dan UNPAD ini.

Di akhir acara, para peserta berkesempatan mendapatkan bimbingan langsung penyusunan proposal penelitian dari para narasumber. Acara ini diikuti oleh sebanyak 92 peserta dari 25 perguruan tinggi yang ada di wilayah Sumatera Utara. Turut hadir pada acara tersebut Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan, SH., MH, WR I UHN Dr. Richard Napitupulu, ST, MT, Sekretaris Yayasan UHN Medan Pdt. Dr. Pintor Sitanggang perwakilan LLDIKTI Wilayah 1 serta sejumlah undangan lainnya dan tim dari Kemenristekdikti.

 

.