UHN Medan Akan Bangun Road Map Penelitian Untuk Antisipasi Revolusi 4.0

Universitas HKBP Nommensen Medan sudah  akan bangun peta jalan penelitian dengan kualitas yang bagus sebagai upaya menghadapi era revolusi industri 4.0. Hal itu dikatakan oleh Dr. Richard Napitupulu, MT saat membuka acara pelatihan penyusunan penulisan proposal penelitian Kemenristekdikti di ruang Dr. Justin UHN Medan dengan menghadirkan pembicara Dr. Ir. Mustangimah, M.Si Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset Kemristekdikti RI dan Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd  Guru besar Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang diselenggerakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas HKBP Nommensen (LPPM UHN) Medan, Kamis, (28/03/2019).

Wakil Rektor I mewakili Rektor UHN Medan ini mengatakan, saat ini UHN akan memberikan insentif yang lebih baik bagi dosen yang mampu menembus Q2 dan Q. Itu adalah motivasi karena dosen akan bekerja lebih ekstra. Hasil penelitian ini adalah komponen yang paling utama dalam meraih Akreditasi A, tegas Wakil Rektor I ini lagi. Kami dari Pihak Rektorat sangat mengharapkan faktor –faktor apa saja yang jadi kendala dalam hal penelitian kita bisa kita temukan melalui acara ini, tegas Dr. Richard lagi.

Sementara Ketua LPPM UHN Medan Dr. Janpatar Simamora, SH, MH mengatakan saat ini jumlah proposal penelitian kita yang tembus  ke Kemenristekdikti masih belum sesuai harapan. Sekalipun peningkatan sudah ada  dari tahun ke tahun. Kedepan sebagai PTS yang sudah besar dan punya nama di Sumatera Utara jumlah proposal penlelitian yang diterima di Kemenristekdikti sudah harus lebih banyak tahun ini. Harapan kita bersama hanya satu, peningkatan Akreditasi bisa A kalau kita punya jumlah penelitian yang bagus, setidaknya kalau tidak bisa di Q2, minimal kita bermain di Q3.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, budaya meneliti di kalangan dosen sebagai out put acara ini bisa terwujudd engan baik, tegas Doktor Hukum Tata Negara yang sangat produktif ini kembali menegaskan. Ketua LPPM ini juga menambahkan saat ini LPPM UHN terus melakukan MoU  dengan berbagai Instansi luar, termasuk Pemkab dan swasta dalam hal mendukung penelitian bersama dan juga pengembangan SDM. Tujuan kita satu, budaya meneliti harus kita tumbuhkan di lingkungan dsoen UHN ini sebagai wujud nyata dari tridarma perguruan tinggi, tegas Dr. Janpatar lagi.

Sementara kedua pembicara Dr. Mustangimah dan Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea dalam paparannya mengatakan pemerintah melalui Kemristekdikti terus memberikan fasilitas kepada semua dosen agar punya kemauan dan kemampuan dalam hal menghasilkan penelitian bermutu. Kedepan, unsur penelitian adalah hal yang sangat urgen dalam penilaian Akreditasi. Penelitian dosen ini sangat mendukung kemajuan bangsa kita, tegas Prof. Dr. Abdul Muin lagi. Pelatihan ini diikuti oleh dosen dari berbagai Fakultas di lingkungan UHN Medan.

Dr. Janpatar Simamora, SH, MH Ketua LPPM UHN Medan sedang membrikan kata sambutan saat acara pelatihan penulisan proposal Kemristekdikti RI di ruang Dr. Justin

.