Pemkab Tobasa Sambut dan Apresiasi KPPM Mahasiswa Nommensen Medan

Dalam rangka mempersiapkan sarjana yang mampu memahami serta mendalami kebutuhan masyarakat luas dan untuk mendekatkan civitas akademik Universitas HKBP Nommensen dengan masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas HKBP Nommensen Medan melaksanakan Kuliah Praktik dan Pengabdian Mahasiswa (KPPM) Periode 42 di Kabupaten Toba Samosir yang disambut hangat dan penuh rasa kekeluargaan oleh pimpinan daerah , tegas Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH disela-sela acara serah terima mahasiswa KPPM Periode 42 di Kantor Bupati Toba Samosir pada Selasa, (22 Januari 2019)

Bahkan pakar Hukum Tata Negara lulusan S3 UNPAD Bandung ini memberikan keterangan KPPM kali ini diikuti sebanyak 319 orang mahasiswa yang terdiri dari 7 fakultas serta didampingi oleh 3 orang dosen pengawas, yaitu Ir. Aston Sianipar, MT (dosen FT), Ir Yanto Raya Tampubolon, M.Si (dosen F. Pertanian) dan Drs. Nalom Siagian, MM  (dosen FISIP). Ketua LPPM UHN  ini menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa dimaksud akan disebar di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Balige, Kecamatan Laguboti, Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Porsea dengan total jumlah desa sebanyak 40 desa. Selain itu, masih menurut Dr. Janpatar Simamora bahwa kegiatan KPPM kali ini akan dirangkai dengan program penghijauan. Sebanyak 30.000 batang bibit pohon akan disumbangkan guna menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Toba Samosir. Selanjutnya, Nommensen juga akan melakukan penyusulan ke masyarakat yang akan dilakukan oleh sejumlah dosen dari berbagai disiplin ilmu.

Sementara itu, Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan, SH., MH yang turut hadir dalam acara dimaksud menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan UHN Medan untuk mengabdikan ilmu pengetahuan bagi kepentingan banyak pihak, khususnya masyarakat Toba Samosir. Untuk itu, Rektor berpesan agar mahasiswa benar-benar mempergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya serta menjaga nama baik almamater. Tak lupa, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang penuh kehangatan dan rasa kekeluargaan.

Di sisi lain, Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian bersama Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus yang langsung menerima dan melepas mahasiswa untuk melakukan perkuliahan dan pengabdian di Kabupaten Toba Samosir menyambut gembira kedatangan mahasiswa. Bupati Tobasa mengapresiasi kehadiran para mahasiswa dimana Kabupaten Tobasa dipercaya menjadi tempat kuliah dan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Bupati menegaskan bahwa mahasiswa UHN Medan ini merupakan tamu kehormatan bagi pemkab dan masyarakat. Bupati berharap kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tobasa dan diberitahukan bahwa saat ini Danau Toba telah ditetapkan Pemerintah menjadi kawasan strategis pariwisata nasional (KN) dan untuk mendukung pariwisata pemerintah juga membangun infrastruktur di kawasan danau Toba yaitu pembangunan Bandara Sibisa.

Acara yang berlangsung dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan ini dihadiri oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH., MH, Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH., MH, Dosen UHN sekaligus Ketua Prodi S2 MIA Dr. Marlan Hutahaean, M.Si, Dosen FE UHN Rusliaman Siahaan SE, MM, serta staff LPPM Mori Rajagukguk, SH dan 3 orang dosen pengawas. Sedangkan dari Pemkab Toba Samosir dihadiri langsung oleh Bupati Ir. Darwin Siagian, Wakil Bupati Hulman Sitorus, Sekda Tobasa Harapan Napitupulu, Asisten II Parulian Siregar serta pimpinan organisasi perangkat daerah dan para Camat di lingkungan Pemkab Toba Samosir dan sejumlah alumni UHN Medan yang telah mengabdikan diri di wilayah Pemkab Toba Samosir.

.