Universitas HKBP Nommensen Medan Laksanakan Audit Mutu Internal Siklus V Tahun 2020

Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) menjadi salah satu instrument evaluasi yang dilakukan untuk menemukenali (assesment), mendiagnosa, dan memetakan persoalan dan pencapaian kinerja pada satu periode tertentu. Oleh karena itu, setiap tahun AMI rutin dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang bertujuan untuk memeriksa sejauh mana organisasi unit menerapkan sistem manajemen mutu, memeriksa kesesuaian penerapan dengan persyaratan sistem majemen mutu, menilai gap antara organisasi dengan standar mutu yang diterapkan, sehingga dapat memberi gambaran secara gradual perkembangan dan perubahan kinerja unit-unit di lingkungan kampus UHN Medan. Kegiatan ini berlangsung tanggal 20 Juli s/d 5 Agustus 2020.

Acara Pembukaan Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Siklus V Tahun 2020 dibuka oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H pada Senin (20/07/2020) di Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Medan yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Richard AM Napitupulu, S.T, M.T, Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, M.S, Direktur Pascasarjana Dr. Drs. Pantas H. Silaban, MBA, Para Dekan Fakultas, Ketua Program Studi, Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Para Auditor Internal Universitas HKBP Nommensen Medan.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan dalam meningkatkan kinerja lembaga dalam hal ini Fakultas, Pascasarjana, Program Studi  memberikan pelayanan pendidikan kepada penggunanya harus melalui tiga poin penting seperti Kelengkapan Dokumen Organisasi, Dokumen Normatif dan Dokumen Mutu.

“Audit Mutu Internal menjadi salah satu instrument evaluasi yang dilakukan untuk memetakan persoalan dan melakukan perbaikan. Semua fakultas, program studi dan pascasarjana di lingkungan Universitas HKBP Nommensen agar melengkapi semua dokumen yang terkait dengan penjamian mutu internal dan hal ini menjadi modal kita untuk memperbaiki peringkat akreditasi menuju akreditasi unggul,” ujarnya.

Dr. Ir. Hotden L. Nainggolan, M.Si selaku Koordinator Audit Mutu Internal (AMI) Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas HKBP Nommensen sekaligus Ketua Panitia Pelaksana AMI Siklus V Tahun 2020, dalam laporannya menyampaikan adapun rangkaian AMI Siklus V Tahun 2020 ini yaitu Acara Pembukaan, Refreshing Auditor Internal dan Assesment Lapangan. “Kita telah melaksanakan kegiatan Refreshing kepada 22 (dua puluh dua) orang auditor internal Universitas HKBP Nommensen Medan, Selasa (21/07) di Ruang Rapat Dr. Justin Sihombing dengan Narasumber Dr. Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri, Ketua Unit Manajemen Mutu (UMM) Universitas Sumatera Utara secara daring via Aplikasi Zoom. Tujuan dari refresing ini adalah merefresh pemahaman dan kemampuan para auditor internal terkait dengan penjamian mutu di Universitas HKBP Nommensen Medan,” jelasnya.

Selanjutnya, tanggal 22 Juli s/d 5 Agustus 2020 dilakukan proses audit ke fakultas, pascasarjana, program studi, dengan lingkup audit terkait dengan kelengkapan dan kesesuaian; dokumen organisasi, dokumen normative dan dokumen mutu yang mengacu pada UU Dikti Tahun 2012 terkait dengan  system penjaminan mutu  pendidikan tinggi yang dilakukan  melalui tahap Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan (PPEPP) Standar Pendidikan Tinggi (Standar Dikti).

Ketua Lembaga Penjamaminan Mutu (LPM) Universitas HKBP Nommensen Dr. E. Hamonangan Siallagan, SE, M.Si menambahkan bahwa sebenarnya kegiatan ini sudah harus dilaksanakan sejak April 2020 yang lalu, namun karena Pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini tertunda. “Namun demikian, harapan kami bahwa semua fakultas, program studi dan Pascasarjana dapat mengikuti ini dengan baik. Tujuan daripada audit mutu internal (AMI) ini bukan untuk mencari kesalahan, namun untuk mempersiapkan unit masing-masing dalam melengkapi dokumen yang dibutuhkan demi perbaikan akreditasi kita pada masa yang akan datang,” ucapnya.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H didampingi Wakil Rektor I Dr. Richard AM Napitupulu, S.T, M.T, Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, M.S dan Para Dekan Fakultas membuka Acara Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Universitas HKBP Nommensen Medan Siklus V Tahun 2020

.