Konsisten Jaga Mutu, UHN Medan Sosialisasikan IAPS Versi 4.0

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang sudah lama berdiri kami sangat konsisten mengikuti aturan pemerintah dan konsisten menjaga mutu sebagai sebuah panggilan Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) untuk ikut serta membangun sumber daya manusia bangsa ini. Hal itu ditegaskan oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan SH, MH  di Ruang Dr. Justin saat membuka pelatihan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0 yang diselenggerakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UHN  setelah BAN-PT meluncurkan instrumen baru untuk akreditasi program studi perguran tinggi pada tahun 2018 yang lalu, dengan pemateri Dr. Jonner Hasugian, M.Si dan Dr. Ikhwansyah Insranuri, M.Si dari Unit Manajemen Mutu (UMM) USU Medan, Rabu, (22/05/2019).

Rektor UHN mengatakan dengan tegas Instrumen baru tersebut berbasis outcome dan output yang kemudian dinamankan IAPS 4.0, atau Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0. Rektor juga menambahkan bahwa instrumen berbasis outcome tersebut merupakan instrumen yang ditujukan untuk memotret kualitas PT. Tidak hanya berdasarkan seberapa banyak PT memiliki kapasitas akademik tapi juga seberapa banyak mahasiswa yang didiknya memanfaatkan fasilitas akademik tersebut.

Rektor UHN Medan juga mengatakan bahwa  UHN Medan selalu beradaptasi dengan kebijakan pemerintah dan siap mensukseskan Program Kemenristekdikti RI dalam rangka meningkatkan mutu lulusan. Saat ini di lingkungan UHN semua Prodi sudah terakreditasi B. Kedepan akan terus kita tingkatkan dalam rangka mendorong UHN sebagai UHN yang secara kelembagaan punya tata kelola yang baik, tegas Rektor lagi.

Sementara kedua pembicara dari USU Dr. Jonner Hasugian dan Dr. Ikhwansyah Isranuri mengatakan IAPS Versi 4.0 merupakan sebuah instrumen yang sangat bagus sebagai upaya mendorong peningkatan mutu dalam semua hal. Pelaksanaan tridarma perguruan tinggi harus dilakukan secara terukur, tersistem dengan out put dan out come yang jelas, maka semua Prodi di lingkungan UHN untuk bisa paham IAPS Versi 4.0 ini agar ini jadi membudaya di lingkungan UHN, tegas Dr. Hamonangan.

Kedua pemateri ini kembali mempertegas bahwa semua standard–standard dalam IAPS Versi 4.0 harus dilakukan oleh UHN dalam rangka mendukung mutu lulusan yang bagus tambah kedua staf Unit Jaminan Mutu USU ini. Turut memberikan sambutan Ketua Lembaga Penjamin Mutu UHN Medan Drs. Pontas J. Sitorus, M.Si mengatakan semua program BAN-PT adalah program yang bagus, maka UHN Medan akan beradaptasi dengan kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu lulusan. Adapun yang ikut sosialisasi IAPS Versi 4.0 ini adalah semua Ketua Program Studi dari lingkungan UHN Medan, juga Wakil Dekan I bidang akademik,  Dekan. Turut hadir WR I Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT, WR II Rusliaman Siahaan, SE, MM, dan WR IV Samse Pandiangan, M.Sc, PhD.

.