Universitas HKBP Nommensen Medan Sukses Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2022

Dalam hal pengembangan kemahasiswaan, Universitas HKBP Nommensen Medan memiliki program peningkatan kecakapan dan keterampilan mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler serta penjaringan mahasiswa berprestasi melalui Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) tingkat Universitas. Dilaksanakan pada hari Sabtu (28/05/2022) di Gedung Auditorium dan Chapel Lt. 3 Universitas HKBP Nommensen Medan. Acara dimulai dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh pendeta Pdt. TAP Simorangkir, MM. Ajang pemilihan ini merupakan program kompetisi yang diselenggarakan oleh Biro Rektor III Bidang Kemahasiswaan untuk menemukan delegasi untuk diutus oleh UHN Medan pada kompetisi Pilmapres tingkat Lldikti hingga Pilmapres tingkat Nasional di Kemdikbud. Tercatat sebanyak 9 mahasiswa terdiri dari 8 orang dari kategori Sarjana dan 1 orang kategori Diploma.

Disamping itu, kompetisi ini juga diharapkan dapat meningkatkan atmosfir akademik untuk menghasilkan lulusan berdaya saing Internasional, bermartabat, berjiwa kepeloporan dan berkarakter. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H, Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan yang juga  Ketua Dewan Juri Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, Ketua Panitia Pilmapres Libianko Sianturi, S.T., M.T, Para Wakil Dekan III tiap Fakultas dan para mahasiswa pendukung peserta Pilmapres. “Proses seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi kita lakukan selama 2 bulan. Sebelum tingkat nasional ada di tingkat LLDIKTI dan Nasional. Teman- teman mahasiswa, selamat berkompetisi. Siapa pun yang terpilih itu adalah delegasi terbaik dari Universitas. Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada Rektor yang menyediakan piala bergilir dengan harapan kegiatan Pilmapres dapat dilaksanakan setiap tahun nya,” tutur Libianko.

Beberapa kriteria yang menjadi dasar penilaian adalah capaian unggulan yang dimiliki oleh mahasiswa (delegasi). Capaian Unggulan ini terdiri dari 7 Bidang yaitu: Kompetisi, Pengakuan, Penghargaan, Karir Organisasi, Hasil Karya, Pemberdayaan, dan Kewirausahaan. Capaian unggulan ini dalam bentuk dokumen sertifikat, piagam penghargaan, Surat Keputusan, rekognisi dan dokumen pendukung lainnya. Kedua, Karya Tulis Mahasiswa dalam bentuk Gagasan Kreatif dengan topik Sustainable Development Goals yang dinilai dari sisi tulisannya serta hasil presentasi gagasan kreatif tersebut dihadapan Dewan Juri. Penilaian dilakukan secara objektif oleh 10 juri penilai yang kredibel. “Kepada anak-anak kami mahasiswa peserta Pilmapres, selamat berkompetisi. Terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyelenggarakan pilmapres ini. Pimpinan Universitas HKBP Nommensen Medan mendukung program – program peningkatan prestasi mahasiswa termasuk pilmapres yang sedang kita selenggarakan hari ini,” ucap Rektor sembari membuka acara Pilmapres Tahun 2022.

 

Pada inti acara, sembilan peserta terpilih menyampaikan presentasi dan melakukan tanya jawab dengan juri. Setelah seluruh peserta melakukan presentasi dan juri memberikan penilaian, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman. Adapun hasil akhir prestasi peserta Pilmapres, terpilih pemenang Kategori Sarjana yaitu Jehezkiel Jowatsen Sipayung (Juara 1) dari Fakultas Kedokteran; Galina Sitinjak (Juara 2) dari FKIP; Berkat Sudianto Gea (Juara 3) dari Fakultas Psikologi; Syukurwan Putra Jaya Waruwu ( Juara Harapan 1) dari Fakultas Peternakan; Aventif Harapan Hulu (Juara Harapan 2) dari Fakultas Hukum; Noni Putra Irama Gulo (Juara Harapan 3) dari Fakultas Teknik; Agnes Frengky Zai (Juara Harapan 4) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Fitria Banjarnahor (Juara Harapan 5) dari Fakultas Bahasa dan Seni, dan Juara Kategori Diploma diraih oleh Dina Rachel Simanjuntak dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Berbagai capaian akademik ditoreh oleh para peserta, salah satu nya seperti penulis buku aplikasi komputerisasi rancangan 3D untuk buku ajar pelatihan BBPLK oleh Noni Putra; Delegasi Internasional Medical Olympiad Unsri 2021 oleh Jehezkiel; Juara 3 Lomba Simulasi Mengajar (LSM) Nasional Kategori Guru Mata Pelajaran oleh Galina Simanjuntak; The Best Participant Istanbul Youth Summit 2022 oleh Berkat Gulo; Juara 2 Lokalate Marketing Competition oleh Agnes Zai; Peraih Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbudristek oleh Fitri Banjarnahor; Juara 1 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat Perguruan Tinggi oleh Aventif Hulu; dan non akademik Juara 1 Speed World Record Senior Putri pada Kejuaraan Provinsi Piala Gubernur Sumut oleh Dimna Rachel Simanjuntak. “Proses yang saya lewati untuk menjadi mahasiswa berprestasi UHN 2022 sangat mengasah saya untuk siap berkompetisi pemilihan mapres nasional. Saya melewati seleksi dari fakultas, lalu terpilih dan kembali lagi berkompetisi di tingkat universitas. Puji Tuhan, saya terpilih sebagai mahasiswa berprestasi melalui penilaian gagasan kreatif saya yang mengangkat tema “ Kekerasan Seksual “ dan dibantu dengan capaian umum atau prestasi selama saya duduk di bangku kuliah. Semoga UHN Medan semakin aktif mengayomi mahasiswa untuk lebih berpartisipasi dan aktif dalam kegiatan kegiatan kemahasiswaan,” ucap Jehezkiel yang juga Brand Ambassador UHN Medan Tahun 2022.

Hal senada juga disampaikan oleh Dina Rachel Simanjuntak, juara Kategori Diploma. “Kalo hambatan untuk diri sendiri rasa deg-degan, takut karena pertama sekali untuk membuat gagasan kreatif & presentasi. Kampus Nommensen udah keren dan kedepannya lebih keren lagi untuk mengapresiasi setiap mahasiswa/i yang berprestasi,“ ucap Utusan Atlet Sport Climbing Sumut PON XXI/2024 mendatang.

.