Dekan Baru Diminta Bawa FH UHN Medan Terakreditasi Unggul

Dr. Janpatar Simamora SH MH dilantik menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen (UHN), Medan. Memimpin untuk periode 2022-2026, Janpatar diharapkan dapat meningkatkan prestasi dekan terdahulu, diantaranya membawa Fakultas Hukum Strata Satu (S1) dan Magister Hukum UHN Medan  mendapat akreditasi unggul. Demikian disampaikan Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan S.H, M.H dalam pelantikan dan serahterima jabatan Dekan Fakultas Hukum UHN Medan di Gedung Auditorium UHN Medan Lt. 3 di Jalan Sutomo 4A, Medan, Rabu (13/4).

“Saya sangat yakin, di bawah pemimpinan Pak Janpatar Fakultas Hukum bisa mencapai prestasi yang membanggakan. Antara lain meningkatkan akreditasi baik menjadi unggul di S1 (Fakultas Hukum) dan S2 (Magister Hukum). Dan harapannya sebentar lagi ada S3 hukum,” ujar Rektor. Rektor menegaskan, mengenal baik Janpatar dan sangat mengetahui kemampuan, kinerja dan kontribusinya bagi universitas. “Dalam satu setengah tahun kepemimpinannya, LPMM naik kelas, melompat dari klaster binaan menjadi klaster utama,” papar Rektor.

Di masa kememimpinan Janpatar pula UHN Medan memfasilitasi sejumlah paten sebagai produk kreativitas intelektual para dosen dan sivitas akademika lainnya di UHN Medan. “Itu prestasi, setelah 68 tahun UHN Medan berdiri,” tegas Haposan yang juga Ketua DPP APINDO Sumut ini. Itu semua diyakini merupakan modal awal yang sangat kuat bagi Janpatar dalam memimpin Fakultas Hukum ke depan. Sementara itu, Sekretaris Yayasan UHN, St. Dr Hilman Pardede berpesan agar Janpatar benar-benar memperhatikan kepentingan stakeholder di UHN. “Perhatikan kebutuhan mahasiswa sebagai stakeholder utama, kebutuhan masyarakat dan pemerintah serta kebutuhan para penyedia lapangan kerja,” tegas Dr. Hilman.

Tiru Kepemimpinan Daud

Dalam ibadah pelantikan Dekan Fakultas Hukum yang baru, pendeta universitas, Pdt T.A.sP Simorangkir, STh, M.M, berpesan agar Janpatar selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap langkahnya. Jangan melenceng imannya ketika sudah menjadi orang ‘hebat’. Kepemimpinan Raja Daud dijadikan acuan sebagai contoh. “Bagi Raja Daud, kesuksesan, kekayaan, kejayaan hanya didapat ketika berjalan bersama Tuhan,” kata Pdt TAP Simorangkir menguraikan ayat pilihan yang tertulis di Mazmur 86:11.

Diingatkannya, kebenaran duniawi sering diukur dengan uang dan materi dan tidak punya standar baku. Sedangkan kebenaran Tuhan itu standarnya kasih Kristus, mementingkan orang banyak dari kepentingan pribadi dan golongan. “Bulatkan imanmu. Jadikan Yesus sebagai gembala. Kita doakan Pak Jan Patar jadi dekan luar biasa, mengabdi dan melayani dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tinggi imannya, tinggi kualitasnya dan baik orangnya,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Dekan FH UHN periode 2018-2022, Jinner Sidauruk S.H, M.H menegaskan dukungan penuh untuk kepemimpinan Janpatar. Dukungan yang sama dipastikan datang dari para dosen senior dan tenaga pendidik di FH UHN. Jinner berharap penuh agar dekan yang baru mampu meningkatkan berbagai prestasi yang yang sudah diraih FH UHN Medan. Seperti memenangi sejumlah lomba debat hukum dan peradilan semu di tingkat lokal, regional dan nasional. Demikian halnya dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang terus meningkat serta kerja sama dengan Lembaga pemerintah dan non pemerintah, swasta hingga BUMN.

“Sarana, prasarana di fakultas sudah baik. Lebih baik lagi untuk ditingkatkan seperti Gedung Peradilan Semu sebagai tempat  mahasiswa berlatih berdebat secara objektif,” ujar Jinner. Dekan baru pun diharap memperhatikan keseimbangan SDM mengingat sejumlah dosen yang memasuki masa pensiun. “Bapak tidak sendiri, kami senior-senior bapak akan memberikan dukungan menjalani roda kepemimpinan,” tegasnya lagi. 

Sementara Janpatar memberikan sambutan singkat dengan menyebut akan bekerja maksimal membangun Fakultas Hukum. Tiga kunci menjadi acuannya dalam menjalankan visi dan misi sebagai dekan baru: unggul, bersaing dan berkualitas.

.