Makna Natal Universitas HKBP Nommensen Medan : Hidup Jujur, Taat dan Penuh Cinta Kasih

Perayaan Natal Keluarga besar Universitas HKBP Nommensen Medan berlangsung begitu hikmat dan penuh sukacita.  Mengangkat tema “Hendaklah Kamu Bersungguh-sungguh Saling Mengasihi dengan Segenap Hatimu (1 Petrus 1: 22 b)” dan subtema “Terang Natal Membawa Sivitas Akademika Universitas HKBP Nommensen Menjadi Penggerak Kejujuran, Kebenaran, Ketaatan dan Cinta Kasih.” berlangsung di Gedung Fakultas Kedokteran Auditorium & Chapel Lt. 3, Senin (20/12/21) pukul 17.00 WIB- selesai.

Perayaan Natal kali ini merupakan salah satu perayaan Natal yang spesial selama masa pandemic berlangsung karena dilaksanakan secara hybrid, yaitu offline terbatas yang hanya dihadiri Yayasan, Dosen, Pegawai, Mahasiswa Utusan tiap fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan secara live streaming melalui kanal YouTube UHN Medan Official. Panitia telah mempersiapkan perayaan Natal dengan baik, mulai dari wajib menggunakan masker, menjaga kebersihan, alat pengukur suhu, hand sanitizer dan mengatur jarak duduk dalam Aula UHN Medan. Terlihat juga tim dari Gugus Tugas Covid 19 UHN Medan berjaga-jaga disekeliling ruangan untuk memantau apabila ada yang lalai dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan.

Renungan Natal dibawakan oleh Praeses HKBP Distrik XXXI Medan Utara, Pdt. Swandi Sinambela, S.Th., M.Psi mengajak seluruh Civitas Akademika UHN Medan untuk merenungkan kasih Tuhan atas hidup pribadi lepas pribadi. “Kasih yang kita pahami sebagaimana yang tertulis di dalam Yohanes 3: 16. Dalam rangka kasih yang telah Tuhan wujudkan dalam kehidupan kita melalui anaknya di tengah-tengah dunia ini. Pertama, orang yang benar-benar menjadi anak Kristus harus benar-benar memiliki hidup kudus walaupun menghadapi banyak kesulitan dan tantangan. Tuhan menginginkan kita supaya hidup kudus sebagaimana kehidupan tokoh-tokoh Alkitab. Kedua, kesucian hidup dibangun dengan taat akan kebenaran Firman Tuhan. Orang beriman tanpa ketaatan adalah omong kosong, Ketiga, hidup harus saling mengasihi di dalam Tuhan sebagai inti dari kekristenan.                      

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengucapkan selamat Advent kepada  semua semoga semuanya berada dalam keadaan sukacita. Beliau menekankan, berkat Tuhan selalu mengalir kepada UHN Medan. Meskipun di tengah situasi pandemic saat ini, mahasiswa UHN Medan masih tetap mengukir prestasi, dosen juga masih produktif dan semua nya harus bisa disyukuri.

“Hal ini dibuktikan tahun 2021 UHN Medan masih memperoleh prestasi yg terakhir adalah mendapatkan Hibah Pemerintah melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka Kampus. UHN Medan juga menjadi kampus peringkat kedua terbanyak memberangkatkan mahasiswa pada Program Kampus Mengajar. Sembilan orang dosen juga telah berhasil menyelesaikan Program Doktoral (S3). Marilah kita tetap bersatu bergandeng tangan, untuk menuju visi dan misi kampus ini. Catatlah yang baik, buang yang tidak baik, songsong tahun baru untuk kemajuan UHN, menjadi tahun terbaik untuk kita  memiliki akreditasi unggul," ucap Haposan.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Perwakilan dari Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Dr. Ramlan Silaban, M.S. yang mengapresiasi tema natal yang telah disusun panitia. Beliau juga berharap Sivitas Akademika UHN Medan dapat menjadi penggerak dalam kejujuran serta wajib mendukung kinerja Yayasan yang telah tertuang dalam Renstra supaya Nommensen dapat menjadi center of excellence.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan yang diwakili oleh Sekretaris Pengawas Yayasan, St.Dr. Ir. Janter Napitupulu, MT, IPM. Semoga kesehatian itu membuat Pembina, pengawas, pengurus dan universitas berada di tengah-tengah yg akan terlihat muncul ke permukaan melalui kebersamaan.

Acara perayaan natal juga diisi oleh liturgi secara offline oleh Rektor dan segenap jajaran Wakil Rektor, Pengurus Yayasan, Pengawas Yayasan., Perwakilan Dosen dan Tenaga Kependidikan. Mahasiswa dan UKM, Dosen serta persembahan pujian dan pantomim dari Mahasiswa KIP Kuliah, penampilan puisi  dari Nia Manullang serta penampilan Paduan Suara Concordia. Turut hadir Pengurus Yayasan, Pengawas Yayasan, Para Dekan, Dosen, Tenaga Kependidikan, Perwakilan Mahasiswa dan UKM serta Security di lingkungan kampus.

.