Universitas HKBP Nommensen Sukses Gelar Wisuda Offline Terbatas, Ini Pesan Rektor untuk Wisudawan

Universitas HKBP Nommensen Medan senantiasa melakukan adaptasi di tengah-tengah pandemic yang masih melanda. Hal itu terbukti dengan telah diselenggarakanya Wisuda Periode II Tahun 2021 yang dirangkai dengan Perayaan Dies Natalis ke-67 pertama kalinya secara luring. Prosesi wisuda berlangsung di Auditorium dan Chapel Lantai 3 Universitas HKBP Nommensen Medan dilaksanakan selama 3 ( tiga) hari, pada Kamis-Sabtu, 25-27 November 2021 dan disiarkan secara live melalui YouTube Channel UHN Medan Official. Acara di hari pertama juga dilakukan penganugerahan dan penyematan pin cenderamata oleh Rektor kepada 9 (sembilan) orang dosen yang telah menyelesaikan studi S3 (Program Doktor).

Wisuda dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker dan wajib menunjukkan bukti swab antigen negatif sebelum masuk auditorium. Acara ini hanya dihadiri oleh wisudawan, perwakilan orangtua wisudawan terbaik, Senat Universitas, Kaprodi dan Para Wakil Dekan tanpa menghadirkan orangtua dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini juga dipantau Gugus Kota Medan.

Hadir memberikan sambutan, Ketua LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi momentum luar biasa pelaksanaan wisuda di Nommensen. “ Saya semakin yakin dan percaya mengikuti perjalanan kampus yang hebat ini cukup banyak karya-karya yang luar biasa dan fenomenal yang dihasilkan oleh Civitas Akademika Universitas HKBP Nommensen, dosen-dosen yang aktif memberikan kontribusi karya penelitian, pengabdian dan perolehan hibah," ujar Ibnu.

Beliau juga menyampaikan pesan bagi wisudawan bahwasanya bekal ilmu yang didapatkan selama kuliah sudah cukup untuk menjadi modal awal untuk  berbakti mengabdikan diri kepada masyarakat.  "Selain itu juga kemampuan publikasi Kemampuan Kemampuan kolaborasi yg terintegrasi, kemampuan problem solving skill dan creativity harus dimiliki wisudawan," tambahnya.

Drs. Juara Simanjuntak, M.Si selaku wakil ketua panitia wisuda dalam laporannya menyampaikan dalam periode ke-II ini terdiri atas lulusan ahli madya, sarjana, profesi dan magister yang dilaksanakan secara tatap muka tanpa didampingi orangtua kecuali para wisudawan/i terbaik. Dilanjutkan dengan laporan kelulusan periode ini oleh Wakil Rektor I, Dr. Richard AM. Napitupulu  yang dalam laporannya merinci, sebanyak 1.748 wisudawan/i tersebut terdiri atas Fakultas Ilmu Sosial (83) orang, Fakultas Hukum (254) orang, Fakultas Psikologi (46) orang, Fakultas Teknik (98) orang, Fakultas Peternakan (14) orang, Fakultas Pertanian (24) orang, Fakultas Bahasa dan Seni (24) orang, Fakultas Kedokteran (35), Program Profesi Dokter (5) orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (235) orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (285) orang dan Siantar (589) orang dan Program Pascasarjana (56) orang dengan (34) wisudawan terbaik.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H pada sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan- wisudawati yang berhasil meraih gelar. “Penyelenggaraan wisuda ini merupakan wujud kesuksesan saudara dalam megatasi berbagai rintangan, carilah cita-citamu, perjuangan masih berat. Saya mau sampai kan 4 (empat) Kunci sukses untuk para alumni yaitu, pertama adalah kibarkan semangat pemenang pada dirimu. Kedua, pahami bahwa kekurangan bukan menjadi hambatan untuk meraih kesuksesan. Ketiga, bangun kerja sama/networking dengan siapa saja, Keempat, bekerja lah dengan kejujuran dimana pun kalian berada. Nommensen juga mau membantu alumninya bukan sekedar dilepaskan, untuk alumni yang berkeinginan melanjutkan kuliah di luar negeri, Nommensen juga siap membantu memberikan beasiswa untuk alumni nya," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut alumni fakultas hukum Universitas HKBP Nommensen ini juga mengajak semua lulusan agar ikut berpartisipasi mengisi kusioner dalam rangka Tracer Study di UHN. Studi ini dalam rangka untuk mengidentifikasi proses hasil perkuliahan dan penyempurnaan serta penjaminan kualitas pembelajaran di UHN Medan," ajak Haposan.

Turut hadir Ketua Pengawas  Yayasan Universitas HKBP Nommensen Dr. (HC). Capt. Anton Sihombing dan Ketua Yayasan Universitas HKBP Nommensen Dr. Ir. Budi Situmorang, MURP. beserta anggota pengurus lainnya. "Para Wisudawan, semoga dapat kembali ke masyarakat dengan karya nyata, jati diri, semangat, senang  boleh, tetapi harus siap untuk menghadapi tantangan dunia dan senantiasa berakhlak mulia dan menjadi pribadi yang kuat," ujar Dirjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang di BPN.  

Pada kesempatan yang sama juga Pengawas Yayasan Universitas HKBP Nommensen Dr. (HC). Capt. Anton Sihombing mengharapkan wisudawan harus bangga sebagai alumni Nommensen. "Saudara-saudara yang pertama akan membesarkan Nommensen ini.  Singsingkan lengan bajumu, percaya diri, integritas, berkolaborasi, jangan

Mewakili Ikatan Alumni UHN Medan, Hasiholan Sidabutar S.E., M.M mengajak seluruh alumni tetap berpegang pada motto universitas yaitu Pro Deo et Patria (Untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi) dan selalu mengandalkan kepada Tuhan agar diberikan pekerjaan yang baik. Menghimbau untuk selalu menjalin komunikasi dengan Pengurus Ikatan Alumni.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh wisudawati terbaik dari FKIP Siantar, Melvin Idaman Kristina Hulu kepada para dosen yang telah  Membutuhkan waktu yang luar biasa hingga sampai saat ini. Apa yg kita raih dan dptkan hari ini kita patut berterimakasih utk seluruh bapak ibu dosen yang telah memotivasi dan mengajari. "Saya mewakili teman-teman juga meminta maaf apabila selama kami berproses ada kenakalan yang kami lakukan dan akan menjadi pengalaman berharga bagi kami. Teruntuk  orangtua kami, semoga diberikan kesehatan dan panjang umur. Apapun predikat yg diraih yakinlah itu yang terbaik yang diberikan Tuhan untuk kita. Smoga kami menjadi oramg yang bermanfaat bagi orang disekitar kami maupun bagi nusa dan bangsa," tutupnya.

.