Kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Hukum

Rabu, (06/10/2021) menjadi hari bersejarah bagi Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan), Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pergerakan Seluruh Advokat Indonesia (DPD Persadi), Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI Sumut) dan Dewan Pimpinan Daerah Pergerakan Seluruh Advokat Indonesia Sumatera Utara (DPD PERSADI Sumut).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H, Ketua DPD KAI H. Matjon Sinaga, S.H., M.Hum dan Ketua DPD Persadi Lindung Pandiangan, S.E., Ak, S.H., M.H. Kerja sama ini ditujukan dalam rangka meningkatkan serta memupuk hubungan kelembagaan dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bidang Ilmu Hukum.

Dekan Fakultas Hukum Jinner Sidauruk S.H., M.H. bersama Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI Sumut) tandatangani Nota Kerja Sama / MoA

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan Perguruan Tinggi  saat ini dituntut untuk selalu berkolaborasi dengan Instansi Pemerintah/ Swasta lain, sesuai dengan Program dari Kemendikbud yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “ Bantulah kami utk Program MBKM kampus merdeka ini. Kami siap bermitra dengan PERSADI dan KAI. Apa yg akan kita tandatangani sore ini mudah-mudahan ini bisa kita laksanakan. Kerjasama dalam dan luar negeri di Nommensen juga berjalan dengan baik. Kami selalu berbenah untuk lebih maju terutama untuk akreditasi,” harap Haposan.

“Kita mengharapkan bahwa akan banyak generasi muda yang nantinya akan mampu menegakkan hukum secara benar. Tidak hanya sekedar menjadi pengacara. Oleh karena itu, dalam kerja sama ini moralitas akademis pendidikan kita dalam dunia advokat harus ditekankan. Mari kita hilangkan asumsi bahwa pengacara itu hanya sekedar cari uang,” ucap Dekan Fakultas Hukum Jinner Sidauruk S.H., M.H.

Beliau juga mengatakan jangan memasuki dunia kepengacaraan kalau hanya untuk batu loncatan. karena apabila itu dilakukan maka hukum itu tidak akan pernah tegak. “Kalau hukumnya lurus, ya luruskan. Jangan karena lurus lalu di bengkokan. Oleh karena itu, moralitas akademis pendidikan kita dalam dunia advokat dalam kerja sama ini harus ditekankan,” tutup Jinner.

Dekan Fakultas Hukum Jinner Sidauruk S.H., M.H. bersama Dewan Pimpinan Daerah Pergerakan Seluruh Advokat Indonesia (DPD Persadi) Sumut tandatangani Nota Kerja Sama / MoA.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia Sumut (DPD KAI), H. Matjon Sinaga, S.H., M.Hum berharap kerja sama ini dapat memanfaatkan sumber daya manusia dan . Harapan kami kedepan semoga alumni- alumni Fakultas Hukum Nommensen untuk bisa bergabung di Kongres Advokat Indonesia Sumatera Utara untuk menjadi seorang advokat kedepan. Saat ini DPD KAI memiliki anggota 1.200 orang yang aktif menjadi pengacara,” ucapnya.

Lindung Pandiangan, S.E., Ak, S.H., M.H Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pergerakan Seluruh Advokat Indonesia (DPD Persadi) berterimakasih pihaknya masih diberikan kepercayaan untuk menjalin kerja sama dengan Nommesen. “ Kami sangat berharap Persadi menjadi mitra yang kuat dalam membentuk calon-calon advokat yang handal di Negara kita ini karena memang advokat masih sangat dibutuhkan  untuk penegakkan hukum di Negara ini,” ujarnya.

.