Kolaborasi Interprofessional, Universitas HKBP Nommensen Medan Jalin Kerja Sama dengan STIKes Murni Teguh Medan

Universitas HKBP Nommensen Medan menandatangani Nota Kesepahaman/ Momerandum of Undestanding sebagai bentuk kolaborasi dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kegiatan Pengembangan Lainnya dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Murni Teguh Medan di Ruang Rapat Rektor UHN Medan, Selasa (21/9/2021).

Keselarasan komitmen tersebut juga terwujud dalam Perjanjian Kerjasama yang tertuang dalam dokumen Momerandum of Agreement yang disepakati oleh Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG selaku Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan dan Seriga Banjarnahor, S.Kep., Ns., MARS sebagai Ketua STIKes Murni Teguh Medan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, SH., MH.,mengatakan  tujuan kerja sama ini adalah untuk mensinergikan potensi masing-masing pihak guna memperoleh hasil yang maksimal dalam menginplementasikan Program dari Kemendikbud yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Banyak hal yang bisa kita kerjakan, terutama dalam mengimplementasikan Program MBKM. Melalui Program ini kita dipaksa untuk banyak melakukan kegiatan kerja sama seperti kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar diluar prodi, aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dll, ,” jelas Ketua Pusat Studi Hukum Tata Negara UHN Medan. Ia menyebut, Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan skill mahasiswa menguasai ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi dunia usaha dan industri.  

Sementara itu, Ketua STIKes Murni Teguh Medan Seriga Banjarnahor, S.Kep., Ns., MARS dalam sambutannya mengatakan inisiasi kerja sama ini berawal daripada keinginan pihaknyha untuk mengembangkan berbagai visi Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dalam bentuk Interprofessional Education (IPE). “Mudah-mudahan kerja sama yang akan kita legalkan pada hari ini bisa bermanfaat  bukan hanya di atas kertas tetapi juga banyak hal yg bs dilakukan seperti pembelajaran interprofessional sehingga bisa saling mengisi dan ini yang menjadi kerinduan kami sebagai instasi pendidikan yang masih baru,” kata Seriga.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG. Pentingnya peningkatan kolaborasi interprofessional dan pendidikan kedokteran  terutama dalam akreditasi 9 kriteria akreditasi. Harapan kami mudah mudahan kerja sama ini terlaksana dengan baik, bisa saling mengisi saling mendukung tentunya dalam pencapaian pembelajaran lulusan dari FK UHN Medan,” tutup Leo.

.