UHN Medan Kembangkan Dunia Pendidikan Melalui Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik

Kebutuhan Sumber Daya Manusia atau tenaga kerja yang ahli di bidangnya (professional) semakin meningkat. Oleh karena itu, sudah saatnya melakukan pembenahan sistem pembinaan sumber daya manusia yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja sehingga tenaga kerja diakui kompetensinya oleh industri. Salah satu yg ditunjuk untuk melakukan sertifikasi adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI) Sumut.

Bertempat di Ruang Rapat Justin Sihombing, Universitas HKBP Nommensen Medan, Senin (15/03/2021) bersama Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI) Provinsi Sumatera Utara dan Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI) Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (Momerandum of Understanding) mengenai Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan melalui kerjasama Nommensen membutuhkan partner untuk mendukung Program Pemerintah yaitu Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. “Kami siap bekerjasama melakukan program Pemerintah ini. Kami juga berharap kerjasama ini akan berlajut dan dapat diimplemetasikan di Fakultas Teknik,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Timbang Pangaribuan, M.T. “Mengingat kerjasama ini sangat cocok dengan Program Kampus Merdeka,”ucap Timbang

Menambahkan pernyataan tersebut, Wakil Dekan III  mengharapkan kerjasama ini salah satu nya untuk mendukung kampus merdeka-merdeka belajar dari segi wirausaha, karena FT juga mempunyai mimpi Fakultas Teknik enterpreneur yang mencetak pengusaha-pengusaha dan juga kuliah umum untuk mahasiswa semester akhir.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H; Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (DPD ASTTI) Provinsi Sumut merangkap Kepala TUK Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI), Ir. Saut B. Pardede. Turut menyaksikan Wakil Rektor I Dr. Richard A.M. Napitupulu, S.T., M.T; Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, M.M;  Wakil Rektor IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D; Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Timbang Pangaribuan, M.T; Wakil Dekan III FT Johan Oberlyn Simanjuntak S.T., M.T; Kaprodi Teknik Mesin Ir. Suryadi Sihombing, M.T ; Kaprodi Teknik Sipil Tiurma Elita Saragi, S.T., M.T, Ir. Nanamalyana, M.M, Dr. Ir. Rahmatullah dan Lebora Siburian (Tim dari ASTTI/LSPTTI).

Ir. Saut B. Pardede selaku Ketum ASTTI mengundang alumni UHN Medan untuk ikut berpartisipasi dalam sertifikasi ini. “Kedatangan kami disini terutama dalam rangka adanya kesepakatan BNSP dengan Departemen Tenaga Kerja atas permintaan Pemerintah untuk melakukan pelatihan. Sertifikasi tenaga kerja meliputi 15 skema dan di subsidi oleh Pemerintah dengan syarat harus ada MoU dengan Perguruan Tinggi  dan ditunjuk oleh ASTTI sebagai pelaksananya,” ujar Saut. Beliau menambahkan mahasiswa akhir yang mengikuti sertifikasi ini akan mendapatkan sertifikat pengganti surat keterangan pendamping ijasah yang dimana surat ini adalah sebagai sertifikat kompetensi dan boleh dikatakan ahli.

.