Webinar Pelatihan Penyusunan, Pengiriman Proposal dan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021

Rabu, 10 Februari 2021, Webinar Pelatihan Penyusunan, Pengiriman Proposal dan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan dengan baik oleh Universitas HKBP Nommensen. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor 3 Universitas HKBP Nommensen, Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE. Beliau berharap jumlah proposal yang dikirim dan yang lulus dari Universitas HKBP Nommensen Tahun 2021 bertambah jumlahnya secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sehingga kinerja bagian kemahasiswaan meningkat. Narasumber Dr. Tumiur Gultom, S.P., M.P. ( Sekretaris Jurusan Pendidikan Biologi Program Magister Universitas Negeri Medan-Reviewer PKM) dan Ir. Bangun Tampubolon, MS (Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen/Dosen Pendamping).

Dr. Tumiur Gultom, S.P., M.P memberikan Trik Memenangkan PKM Tahun 2021, yaitu Jangan salah pilih jenis/skim PKM, Pahami Kunci Penialian, Ide dasar sesuai kompetensi, ikuti aturan pada buku panduan termasuk format, isi ringkasan, aspek administrative, aspek substantive, optimalkan peran dosen pendamping, jangan terlambat, Fokus, Tangguh dan Kerjasama. HARUS TELITI, demikian pesan Dr. Tumiur Gultom, S.P., M.P. Beliau juga menyatakan “jangan ciptakan masalah, namun amati masalah yang terjadi di masyarakat, boleh dengan membaca hasil penelitian, media social, media massa online.

Uraian dari Dr. Tumiur Gultom, S.P., M.P diaminkan oleh Ir. Bangun Tampubolon, M. yang membawakan materi Menjalankan PKM Dimasa Pandemi Covid. Beliau berkata, inti dari PKM adalah kata “Kreatif”. Lihat sekeliling, pelajari, pahami kemudian diskusikan dengan calon dosen pembimbing. Tidak harus tatap muka, banyak media yang bisa digunakan secara online. Selanjutnya, Friska Sitinjak, S.T. (Wakil Kepala Pusat Sistem Informasi – UHN) memandu simulasi proses teknis, mulai dari pembuatan akun dan upload proposal.

Kegiatan ini dipandu oleh Libianko Sianturi, S.T., M.T. (Ka. Biro Kemahasiswaan dan Alumni) dan Rimbun C. D. Sidabutar, S.E., M.Si. (Ka. Prodi D3 Administrasi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis-UHN).

.