Perayaan Natal UHN : Meningkatkan Eksistensi Universitas HKBP Nommensen dalam Berinovasi dimasa Pandemic Covid-19

Momen berbahagia Perayaan Natal 2020 mungkin akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemic Covid 19 masih belum usai. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga keselamatan bersama,  Universitas HKBP Nommensen Medan melaksanakan Perayaan Natal secara offline yang hanya diikuti oleh Pengurus Yayasan, Dosen dan Tenaga Kependidikan dan dapat disaksikan secara Online oleh mahasiswa dan orangtua yang ditayangkan secara live streaming di Youtube UHN Medan Official, Jumat (18/12/20) di Auditorium dan Chapel Universitas HKBP Nommensen Medan.

Kegiatan ini mengusung tema ”Mereka Akan Menamakan-Nya Immanuel (Matius 1:23) dengan Subtema “Meningkatkan Eksistensi Universitas HKBP Nommensen dalam Berinovasi dimasa Pandemic Covid 19”. Panitia telah mempersiapkan perayaan Natal dengan baik, mulai dari wajib menggunakan masker, menjaga kebersihan, alat pengukur suhu, hand sanitizer dan mengatur jarak duduk dalam Aula UHN Medan. Terlihat juga tim dari Gugus Tugas Covid 19 UHN Medan berjaga-jaga disekeliling ruangan untuk memantau apabila ada yang lalai dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan Ephorus HKBP, Sekjend dan seluruh Kepala Departemen terpilih periode 2020-2024, selaku Dewan Pembina Yayasan Universitas HKBP Nommensen. “Saya mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2021. Semoga semua berada dalam sukacita, gembira, sehat dan kita harus optimis menyambut tahun baru 2021 ini tentunya demi kemajuan Univeristas HKBP Nommensen menuju Universitas yang berkelas dunia,” ucapnya.

Beliau menambahkan, satu hal yang membuat kita tetap tegap berdiri di tengah badai adalah karena kita yakin bahwa Tuhan Allah sumber penolong kita. Allah tidak akan membiarkan kita dikuasai oleh Roh ketakutan, tetapi oleh cinta kasih yang memampukan kita mengahadapi situasi yang sedang melanda dunia. “Marilah kita merayakan natal ini dengan penuh sukacita. Diharapkan kepada kita untuk tidak boleh berlama-lama menderita dikarenakan pandemic, tetapi kita harus tetap berinovasi dalam rangka mencapai cita-cita Nommensen walaupun dalam kondisi keadaan seperti saat ini,” tambah Haposan.

Perwakilan dari Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Bilter Sirait, M.Si, mengatakan Yayasan sangat mengapresiasi jerih payah Universitas HKBP Nommensen dalam melaksanakan Good University Governments salah satu nya adalah unsur Pembinaan, sesuai dengan motto universitas yaitu Pro Deo et Patria. “Kita memberi yang terbaik kepada Tuhan, kita juga taat asas, mematuhi segala peraturan Undang-Undang yang berlaku di NKRI. Ini  sudah tertulis dalam Rencana Induk Pengembangan dan sudah diurai dalan Renstra juga terlihat dengan kasat mata di dalam rencana operasional. Dan ini juga menjadi kebanggaan, bukan hanya Civitas Akademica UHN Medan, tetapi juga bagi masyarakat Sumatera Utara dan bagi seluruh rakyat Indonesia, membangun Indonesia dari UHN Medan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan yang diwakili oleh Sekretaris Pengawas Yayasan Dra. Pinondang Nababan, MM. “Pandemic Covid 19 ini tidak mengurangi ketulusan hati kita untuk memuji Tuhan, mengaplikasikan Tuhan di dalam hati. Tuhan akan memampukan kita, kita pasti bisa melewati masa-masa sulit di tahun ini. Yakinlah tahun 2021 tahun berkat bagi kita. Tuhan akan meyelesaikan segala masalah yang kita hadapi, sesuai dengan tema kita yaitu Immanuel, Tuhan beserta kita,” ucapnya. Acara perayaan natal juga diisi oleh liturgi secara offline oleh Rektor dan segenap jajaran Wakil Rektor, Perwakilan Mahasiswa, dan litrugi yang ditampilkan dalam bentuk video oleh Perwakilan Dekanat, Dosen dan Pegawai setiap Unit serta persembahan pujian dari Paduan Suara Concordia.

.