1.783 wisudawan UHN Medan dilantik Rektor : Harus Bisa Bersaing dan Menemukan Peluang Di Era Teknologi 4.0

Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda akhirnya membuat Universitas HKBP Nommensen Medan kembali melaksanakan wisuda secara daring/ online, Jumat (20/11/2020) untuk Program Ahli Madya, Sarjana, Profesi dan Magister Periode II Tahun Akademi 2019/2020 di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan. Acara dibagi dalam 2 sesi. Untuk sesi pertama dimulai pukul 08.00-12.00 WIB adalah Fakultas non FKIP dan Pascasarjana. Dilanjutkan pukul 13.00 WIB – selesai pelantikan wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan dan Pematang Siantar.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Ir. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T dalam laporannya memaparkan bahwasanya untuk periode kali ini, UHN Medan berhasil mewisuda sebanyak 1.783 wisudawan/i. “Terdiri atas 189 orang dari Fakultas Hukum, 82 orang dari Fakultas Isipol, 38 orang dari Fakultas Psikologi, 40 orang dari Fakultas Teknik, 4 orang dari Fakultas Peternakan, 33 orang dari Fakultas Pertanian, 18 orang dari Fakultas Bahasa dan Seni, 6 orang dari Fakultas Kedokteran dan 8 orang Profesi Dokter, 200 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 299 orang FKIP Medan dan 732 orang FKIP Pematangsiantar, serta 216 orang dari Program Pascasarjana.

Rektor UHN Medan Dr. Haposan S, S.H., M.H dalam sambutannya mewakili atas nama Pimpinan dan Segenap Civitas Akademika UHN Medan mengucapkan kepada wisduawan/i yang dilantik hari ini. Beliau berharap semoga ilmu yang diperoleh diperkuliahan dapat berguna untuk memajukan bangsa dan Negara dan juga menjadi kebanggaan orangtua masing-masing “Kepada wisudawan/i saya berpesan, tetaplah belajar, persaingan di dunia kerja semakin sulit dengan datangnya era revolusi 4.0 . Dimana tenaga manusia secara signifikan tergantikan oleh mesin-mesin otomatis yang berbasis digital,” ucap Haposan.

Haposan menambahkan, bagaimana pun dibutuhkan kejelian dan kesungguhan untuk bisa menemukan peluang-peluang besar dibalik tantangan yang ada.  Oleh karena itu, untuk mengeksplorasi peluang-peluang besar di era revolusi industry 4.0, para lulusan Perguruan Tinggi dituntut tidak hanya memiliki IPK yang tinggi tetapi juga dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik serta mampu berkresi dan berinovasi. Salah satu peluang besar saat ini yaitu peluang berwirausaha/ UMKM 

Pada kesempatan ini juga Rektor mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pembina, Pengurus, dan Pengawas Yayasan atas support dan perhatian yang senantiasa diberikan kepada universitas, serta kepada seluruh anggota Senat, Pimpinan, Dosen dan Tenaga Kependidikan atas kerja sama nya selama ini untuk mendukung perkembangan di Universitas HKBP Nommensen.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si dalam sambutannya melalui video memaparkan telah terjalinnya Kerja sama antara UHN Medan  bersama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sejak 20 Oktober 2018 yaitu tentang Kerja sama, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengkajian Sumber Daya dan Supervisi System Penganggaran. “ Wisuda bukanlah merupakan purna tugas untuk berhenti belajar, namun ilmu yg sudah di dapatkan di kampus agar dilanjutkan dan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan tantangan. Memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah meniti karir dan menata masa depan yang lebih baik,” ujar Nikson.

Sekretaris Pengurus Ikatan Alumni Universitas HKBP Nommensen, Turunan Gulo dalam kesempatan ini juga berpesan kepada wisudawan/i agar selalu mengupgrade keilmuannya, mengembangkan diri dan tetap menjaga nama baik Almamater dan tanggung jawab untuk meningkatkan derajat universitas.

Ketua LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si memaparkan bahwasanya pelaksanaan wisuda hari ini merupakan pencapaian kinerja dan reputasi UHN Medan sebagai kontribusi nyata dalam pembangunan anak bangsa. “Kepada wisudawan semoga ini adalah awal saudara untuk berkarir di masa depan ,” ucap Ibnu.

“Wisuda adalah langkah awal perjalan hidup. Semoga dapat kembali ke masyarakat dengan menjadisarjana yang berakhlak mulia. Bagaimana ilmu yang selama ini diperoleh dapat memberikan manfaat dan menjadi cermin dari almamaternya. Oleh karena itu, jagalah nama baik almamatrer dan menjadikannya bangga denan menunjukkan prestasi di masyarakat serta menjadi anak yang membanggakan kedua orangtua,” ujar Pdt. Heince Simanjuntak, S.Th selaku Perwakilan Yayasan Universitas HKBP Nommensen.

Senada dengan itu, Ompui Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengucapkan selamat kepada para wisudawan/i, mari berjuang bersama meraih masa depan yang baik.  Apa yang menjadi harapan, cita-cita dan mimpi-mimpi yang ada dapat menjadi realita pada saat-saat yang akan datang.

Alida Simanjuntak, M.A.P merupakan salah satu lulusan terbaik dari Program Pascasarjana dengan meraih IP 4,00 mengatakan merasa bangga menjadi bagian dari Program Pascasarjana UHN Medan. “Hanya ucapan syukur dan terima kasih itulah yang akan terus saya bawa dalam menjalani kehidupan selanjutnya nanti, Khususnya dalam mengemban tugas sebagai Tenaga Kependidikan di UHN Medan. Tidak ada yang rasa syukur yang dapat dipanjatkan selain kepada Yang Maha Kuasa karena hanya atas seijin-Nya lah saya dapat menjalani semua hingga akhir. Semoga ilmu yang sudah saya peroleh dapat mendukung pekerjaan dan kesuksesan di masa mendatang,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan lulusan terbaik Program Sarjana dari Fakultas Hukum, Jou Ropolin Simatupang. “Semoga kampus UHN bukan hanya sebagai kampus yg berjiwa intelektual tetapi juga sebagai kampus yg membina mahasiswa/i menjadi manusia yg takut akan Tuhan dan berkat bagi Tuhan dan ibu Pertiwi. Saya berharap apa yg di cita citakan oleh kampus UHN menjadi kampus terkemuka di Asia tenggara pada tahun 2030 dapat terwujud. Selama menjadi mahasiswa di kampus UHN saya bukan hanya dituntun menjadi orang yang berintelektual tetapi mahasiswa yg takut akan Tuhan dengan cinta kasih,” ujarnya.

.