Tingkatkan SDM Berkualitas: UHN Medan Jalin MoU dengan Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Sumut dan UNPAB Medan

Kedatangan Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H bersama rombongannya disambut hangat oleh Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Dr. H. Muhhamad Isa Indrawan, S.E., M.M. Seperti diketahui, UNPAB menggelar forum diskusi dalam format Webincang UNPAB TV Talkshow Sosialisasi Grakan Anti Korupsi. Kegiatan dilaksanakan Selasa, (3/11/20) bertempat di Branda Café, Kampus 1 Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan.

Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Sumatera Utara merupakan forum komunikasi di bawah naungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjadi fasilitator dan tempat untuk berkomunikasi dan berdialog antara masyarakat dengan pemerintah daerah, yang bertugas melaksanakan program-program pencegahan dan pendidikan antikorupsi di Sumatera Utara

Acara Webincang tersebut dipimpin oleh Rektor UNPAB Medan selaku moderator dengan menghadirkan Narasumber yaitu Ketua Advokasi Daerah (KAD) Sumut, M. Santri Azhar Sinaga, S.H; Sekretaris L2DIKTI Wilayah 1 Sumatera Utara, Dr. Mahriyuni, M.Hum; Kepala L2DIKTI Wilayah 1 Sumut, Prof. Ibnu Hajar, M.Si serta Keynote Speaker Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono.

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (Momerandum of Understanding)  antara Universitas HKBP Nommensen (UHN Medan) dengan Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Sumatera Utara dan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (UNPAB) mengenai Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi serta antara Universitas HKBP Nommensen (UHN Medan) dan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (UNPAB) yang dalam pelaksanaannya secara rinci akan dituangkan dalam naskah Perjanjian Kerja sama tersendiri dan merupakan bagian dari satu kesatuan yang tidak tertpisahkan dari Nota Kesepahaman ini.

Adapun ruang lingkup tujuan kerja sama ini adalah memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki untuk mendukung pelaksanaan system hukum, pencegahan dan pendidikan anti korupsi, dengan pemanfaatan bersama Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UHN Medan dalam upaya mendukung peningkatan kualitas SDM; memprakarsain Pendidikan Anti Korupsi sebagai salah satu mata kuliah dalam kurikulum perguruan tinggi serta penyebarluasan informasi dalam bentuk sosialisasi, seminar, lokakarya dan workshop di bidang hukum, pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan kepada Duta Anti Korupsi yakni 2 mahasiswa dari UHN Medan dan 2 mahasiswa dari UNPAB. Khatarina Ginting (17900052) Mahasiswi Fakultas Psikologi/ Ilmu Psikologi dan Ridho Methode Saputra Daeli (17120275) Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/ Pendidikan Bahasa Inggris terpilih menjadi Duta Anti Korupsi KAD Sumut. Sudah saatnya Seluruh Pergurun Tinggi Di seluruh Indonesia memperkuat dan memberikan Pembekakalan Anti Korupsi. Korupsi disini tidak hanya berbicara tentang Keuangan, tetapi dari Segi Waktu, Tenaga, dan kesempatan, terkadang korupsi dalam hal itu dilakukan oleh beberapa individu, dan itu sudah menyimpang dari Nilai Moral yang ada.

“Disini lah peran kami menjadi Duta Anti Korupsi KAD SUMUT 2020, menjadi Perpanjangan Tangan dan Pelopor dalam mengedukasi, memperkuat dan menyuluhkan kembali Pemberantas Korupsi di lingkungan Kemahasiswaan /Masyarakat agar terpupuk kembali Nilai Moral Pembertasan Korupsi berdasarkan Nilai Integritas, Nilai Etika dan Nilai lainnya dalam Bentuk Program Pencegahan. Semangat terus menjadi Pelopor Bangsa, Selamat berproses terus,” ucap Khatarina.

Turut hadir Wakil Rektor I Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T; Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, M.M; Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE; Wakil Rektor IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D; Kabiro Humas dan Kerja sama Dr. Mian Siahaan, M.M; Perwakilan KADIN Sumut; Perwakilan KAD Sumut dan Perwakilan APTISI Sumut.

.