UHN Medan dan Jasa Raharja Jalin Kerja sama “Program Mahasiswa Magang Bersertifikat”

Dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital (FHCI) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Ketenagakerjaan, maka Universitas HKBP Nommensen Medan ikut  serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat Industri bersama  PT. Jasa Raharja Sumatera Utara. Bertepat di Kantor Cabang PT. Jasa Raharja Sumatera Utara, Jl. Gatot Subroto KM 5,1 No. 142 Medan, Jumat (25/9/2020).

Kedatangan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D didampingi Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Dr. Mian Siahaan, M.M bersama Kepala Bagian Pusat Karir (Career Center), Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog disambut hangat oleh Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Jhon Veredy Panjaitan.

Sebelumnya, Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) telah dilakukan antara Kementerian BUMN bersama Direktur SDM dan Umum PT. Jasa Raharja, Ibu Dewi Aryani Suzana di Jakarta. Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) di wilayah Sumatera Utara hanya diikuti oleh 2 Perguruan Tinggi, yaitu Universitas HKBP Nommensen Medan dan Universitas Negeri Medan.

Dengan demikian, sebagai tindak lanjut atas Nota Kesepahaman tersebut, maka dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoA) tentang Penyelenggaraan Program Magang Bersertifikat Industri antara PT. Jasa Raharja dalam hal ini diwakili oleh Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Jhon Veredy Panjaitan dan Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D, selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama mewakili Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H.

Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara Jhon Veredy Panjaitan sangat menyambut baik kerjasama ini. Harapannya semoga dapat berjalan dengan baik. Beliau juga merupakan Alumni Universitas HKBP Nommensen Program Studi Pembangunan Angakatan ’85. Adapun tujuan kerjasama ini adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengayaan wawasan dan peningkatan kompetensi peserta (mahasiswa) dalam bidang asuransi sosial agar siap bekerja dan menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

Mekanisme magang bersertifikat ini yaitu PT. Jasa Raharja menginformasikan pelaksanaan magang kepada UHN Medan. Selanjutnya, UHN Medan akan melakukan seleksi penerimaan calon peserta dan menyerahkan nama calon peserta kepada pihak PT. Jasa Raharja untuk selanjutnya dilakukan tes wawancara dan pengumuman calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi oleh PT. Jasa Raharja.

Kepala Bagian Pusat Karir (Career Center) UHN Medan, Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog mengatakan mahasiswa yang sedang mengikuti magang saat ini adalah Fandel Lahagu, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan. Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh UHN Medan dan pengabadian momen melalui foto bersama.

.