Menteri Hukum dan HAM dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Tanam Pohon Bersama di Lahan UHN Medan

Bentuk wujud keperdulian mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam, Universitas HKBP Nommensen Medan melakukan penanaman 500 batang pohon pisang barangan hasil kultur jaringan tissue pada lahan milik Yayasan Universitas HKBP Nommensen di Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan, Sabtu (27/06/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Para Wakil Rektor yaitu WR I Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T, WR II Drs. Rusliaman Siahaan S.E., M.M, WR IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc, PhD, Para Pimpinan Biro, Para Dekan dan Dosen Fakultas, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara Anthony Siahaan, S.E., Atd., MSTr, Ketua Kadin Sumut Ir. Martono Anggusti, SH.,M.H., M.Hum, Nommensen Gowes Club dan Relawan Eco Enzym Indonesia. Universitas HKBP Nommensen Medan merupakan kampus yang terletak di tengah kota dan pernah mendapatkan penghargaan dari Walikota Medan sebagai kampus hijau.

 “Jadi, inilah pisang barangan merah komoditi unggul hasil kultur jaringan dari kampus Nommensen yang nanti nya akan di eksport ke Singapura dan Malaysia. Bibit pisang ini diberi nutrisi hanya dengan menggunakan cairan eco enzyme tanpa menggunakan pupuk kimia jenis apapun. Semoga bibit pisang ini bertumbuh dan berbuah yang lebat,” ucap Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H.,M.H.

Keseruan penanaman ini menjadi momen yang tidak terduga sekaligus mengejutkan atas kedatangan Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna H. Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. Saat itu, beliau beserta rombongannya bersepeda melintasi lahan kemudian singgah di lahan milik Universitas HKBP Nommensen Medan. Pada kesempatan ini juga Yasonna juga ikut serta menanam bibit pohon pisang. “Ini pasti lebih baik hasilnya. Ini mantap kali,” ucap Laoly sembari menyiram bibit tersebut dengan menggunakan cairan eco enzyme.

Haposan juga menjelaskan bahwa Yasonna sebagai salah satu pemrakarsa lahan Nommensen ini. Selain itu, Yasonna juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan tahun 1998-2000.

Berbicara tentang kegiatan penanaman pohon, ini bukanlah pertama kali bagi Universitas HKBP Nommensen Medan. Universitas HKBP Nommensen telah menjadi project program unggulan Kampus Hutan Produksi Buah pertama di Sumatera Utara melalui Kampung Kadin-26 dengan penanaman 250 batang pohon produksi buah produktif di lingkungan kampus UHN. Selanjutnya, UHN Medan menggandeng Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI)  sebagai project dalam dalam pelestarian bumi Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pertanian dan lingkungan hidup.

.