Penandatanganan Kerjasama antara Universitas HKBP Nommensen Medan dengan Yayasan Budaya Hijau Indonesia

Universitas HKBP Nommensen Medan telah melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Universitas HKBP Nommensen (UHN Medan) dengan Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI). Kali ini UHN Medan menjadi universitas terpilih sebagai project dalam dalam pelestarian bumi Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pertanian, lingkungan hidup, pengelolaan lahan pertanian dan peternakan secara professional yang dilakukan oleh Yayasan Budaya Hijau Indonesia, Jumat (29/05) bertempat di ruang Rapat Justin Sihombing. Sebelumnya, UHN Medan juga menjadi project program unggulan Kampus Hutan Produksi Buah pertama di Sumatera Utara melalui Kampung Kadin-26.

Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan skill dosen dan mahasiswa Pertanian dan Peternakan di UHN Medan, sekaligus sebagai implementasi tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pemberdayaan dan pemanfaatkan lahan milik Yayasan Universitas HKBP Nommensen yang terletak di Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan.
Tim YBHI telah menyerahkan sebanyak 178 kg bibit jagung bismar komposit yang nantinya juga akan dibagikan kepada para petani di beberapa Kabupaten di daerah Tobasa.

Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H.,M.H dalam sambutannya mengapresiasi dan berterimakasih kepada YBHI atas program sinergitas yang secara berlanjut demi mewujudkan cita-cita bersama yaitu menghasilkan petani dan peternak muda di daerah Tobasa sebagai bentuk regenerasi bidang pertanian di Sumatera Utara khususnya.
“Setelah pengerjaan penanaman bibit jagung pada lahan/porlak di Simalingkar, kita akan bergerak bersama ke daerah Samosir tepatnya di Pangururan dan kemudian akan berlanjut ke daerah Balige, Humbahas dan Tarutung . Saya mendengar langsung keluhan yang dialami oleh petani di daerah Pangururan yaitu begitu banyak lahan yang sudah siap untuk ditanami, tetapi sangat sulit mendapatkan bibit jagung yang bagus. Akan tetapi kita akan kembali mengkondisikan waktu nya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah, mengingat penyebaran covid 19 yang sedang terjadi saat ini,” ucapnya.

Bathara Surya Yusuf, S.E., M.S selaku Ketua Umum YBHI bersama Tim dari YBHI mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Keluarga besar UHN Medan dengan melihat proyek sebagai tanggung jawab dan panggilan moral terhadap mahasiswa dan para petani khususnya di daerah Toba, menjadi tempat pembelajaran mahasiswa agar kembali ke daerahnya agar dapat membangun dan mengembangkan kembali pertanian dan peternakan di daerahnya. “Kita lempar bola direspon, kita tampung bola, kerja sama lanjut. Dari beberapa universitas, UHN Medan lebih respon mengetahui jelas apa visi dan misinya sehingga dari UHN sendiri  langsung menyerahkan tanah kosongnya untuk kita kelola. Semoga kerjasama itu tetap berlangsung dan dapat menguntungkan semua pihak,” tambahnya.
Pada kesempatan ini juga hadir Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen Medan yang diwakili oleh Sekretaris Yayasan Bapak Pdt Dr. Pintor Sitanggang. “Bermimpilah Samosir kaya dari jagung dan mungkin inilah waktunya  the golden farming system yang meningkatkan 82% perekonomian Negara Texas di Amerika. Untuk itu, UHN Medan bersiap untuk berubah, memulai dan melayani working together partnership bersama YBHI,” pungkasnya.
Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Piagam Kesepahaman Bersama oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dan Ketua Umum Yayasan Budaya Hijau Indonesia Bathara Surya Yusuf, S.E., M.S kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dan ditutup doa serta mengabadikan moment dengan foto bersama.

Turut hadir Bapak Wakil Rektor I Dr. Richard Napitupulu, S.T, M.T, WR II Rusliaman Siahaan, S.E., M.M, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, WR IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc, Ketua Lembaga Urusan Internasional Dr. Mula Sigiro, M.Si., Ph.D, Para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, perwakilan Ketua  Lembaga Penjaminan Mutu dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Tim dari Yayasan Budaya Hiaju Indonesia.

.