Rektor UHN Medan Harapkan Kabinet Indonesia Maju Andalkan Kolektivitas Team

Kalau ingin berhasil silahkan bekerja dengan mengandalkan kolektivitas, bekerja dengan hati, focus pada masalah, bangun integritas, dan lakukan koordinasi dengan baik. Kalau ini diterapkan saya yakin hal ini akan membuat Kinerja Kabinet Indonesia Maju akan bagus, Tegas Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan yang juga pakar Hukum Tata Negara UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH, MH kepada media saat diminta tanggapan beliau. Sebagai akademisi tentang Kabinet Indonesia Maju.

Kita sangat menghargai hak prerogatif Presiden dalam memilih kabinet ini. Skeptic harus kita hilangkan dulu dan mari beri mereka kepercayaan. Pak Presiden juga mengatakan akan melakukan evaluasi dan meminta mereka agar serius dalam mengelola negara ini melalui kementerian yang mereka pimpin, tegas Rektor UHN ini lagi. Selain kolektivitas team, para menteri harus jadi problem solving dengan berbagai capaian yang terukur. Saya sangat mengharap semua menteri untuk bisa bekerja dengan hati, bekerja dengan focus pada masalah, terukur, dan satu lagi harus memegang prinsip integritas, tambah Rektor.

Tantangan kedepan akan semakin berat, era Industri 4.0 yang kita kenal adalah abad inovasi dan kreasi, maka perlu semua Kementerian punya visi dan misi yang jelas bagaimana mengatasi ini dengan mengacu pada visi dan misi Presiden terpilih. Kita sangat mengharapkan inovasi dan kreasi yang dihasilkan oleh Menteri berguna untuk semua anak bangsa ini. Harapan kita semua Menteri yang bekerja ini musti kita dukung, silahkan publik mengawasi mereka dan beri solusi dan beri kritik yang membangun, tegas Rektor lulusa S2 UNPAD Bandung dan S3 USU Medan ini lagi.

Hal yang sama dikatakan oleh Analis dan Pengamat Politik yang juga Kepala Laboratorium Politik dan Administrasi Publik FISIP UHN Medan Drs. Maringan Panjaitan, M.Si yang dengan tegas mengatakan Presiden telah memilih para pembantunya. Pilihan tentu sudah di pertimbangkan oleh Jokowi dan Maruf, harapan kita mereka bekerja dengan serius dan dengan hati karena tantangan kenegaraan dan persaingan global makin berat, maka energy yang di keluarkan oleh semua menteri harus lebih besar. Para Menteri ini telah dipercaya, maka balaslah kepercayaan itu dengan kinerja dan kerja yang bagus serta terukur, tegas alumni Ilmu Politik UGM Yogyakarta ini. Kemudian Ahli Perpajakan UHN Medan yang juga Direktur Tax Center UHN Medan Amran Manurung, SE, M.Si, Ak punya pesan khusus pada Menteri Keuangan  lebih fokus pada pengelolaan pajak, dimana Tata kelola perpajakan harus profesional, transparan, dan akuntabel pada periode ke-2 ini tegas Amran Manurung lagi.

Hal yang sama dikatakan oleh analis kebijakan yang juga Ketua Magister Administrasi Publik Pascasarjana UHN Medan Dr. Marlan Hutahaean, M.Si. Saya melihat dari perspektif kebijakan publik. Harapan kita kebijakan publik yang dibuat oleh menteri harus membawa out put, out come, impact dan juga benefit. Untuk itu, proses dalam perumusan kebijakan publik kelak nantinya, atau pada saat eksekusi dibutuhkan komitmen, pengawasan yang ketat agar kebijakan publik itu punya kemanfaatan yang besar bagi bangsa ini. Dr. Marlan Hutahaean, M.Si mengatakan prinsip koordinasi, sinkronisasi, evaluasi dan kesamaan visi oleh para Menteri adalah unsur utama dalam membuat proses dan eksekusi kebijakan publik berhasil dengan baik. Mari kita beri kesempatan Kabinet Indonesia Maju ini dan mari kita awasi bersama sehingga kinerjanya bisa maksimal, tegas Doktor Kebijakan Publik lulusan  UGM Yogyakarta ini.

.