Ketua L2 DIKTI Sumut Apresiasi Kinerja UHN Medan

Ketua Lembaga Layanan DIKTI (L2DIKTI) Sumatera Utara Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc, MA mengapresiasi  kinerja Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan dan mampu melakukan proses dan kinerja sangat baik menurut aturan perguruan tinggi sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu dikatakan oleh Prof. Dr. Dian Armanto saat memberikan sambutan acara wisuda periode ke –II UHN 2019 Medan yang berjumlah 1880 orang di Gedung Selecta, Jumat, (25/10/2019). Dalam sambutannya Prof. Dr. Dian mengatakan kinerja in put, kinerja proses, kinerja out put, dan kinerja out come UHN Medan sangat bagus. Kedepan UHN harus mampu yang terbaik di Sumatera Utara, dan itu tugas pak Rektor sambil disambut tepuk tangan riuh oleh semua hadirin.  

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH, MH dalam sambutannya mengatakan lagi sejak awal tahun 2019, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “World Class University” Upaya menjadikan UHN sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang berdaya saing global ditunjukkan oleh output berkualitas yakni memiliki kemampuan kelas dunia berbasis riset, sering juga disebut sebagai universitas kelas dunia.

Rektor kembali menegaskan Untuk itu UHN Medan terus berusaha untuk mencapai persyaratan minimal “World Class University” yaitu minimal 40% dosen berkualifikasi S3 yang mana saat ini total dosen yang sudah S3 dan yang sedang studi S3 ada sejumlah 40%, publikasi internasional minimal dua paper per dosen per tahun, jumlah mahasiswa pasca sarjana ada sebanyak 40% dari total mahasiswa, anggaran riset sejumlah minimal US$ 1300 per dosen per lima tahun, jumlah mahasiswa asing minimal 20% dan kecepatan akses jaringan minimal 10 kB per mahasiswa dimana saat ini rata-rata kecepatan akses yang ada sebesar 8 kB per mahasiswa. Untuk inilah Universitas HKBP Nommensen terus berupaya menuju universitas kelas dunia atau World Class University (WCU).

Rektor kembali menegaskan Pada semester Ganjil 2019/2020, UHN membuka Kelas Internasionalnya yang pertama sekali di Prodi Teknik Mesin dengan menggunakan bilingual, Bahassa Indonesia-Inggris. Selain itu, UHN melaksanakan Pembelajaran Daringmenyeluruh berbasis e-learning dengan sistem blended learning menggunakan applikasi Google Classroom dengan tujuan agar proses perkuliahan dapat berjalan interaktif dan lebih melek teknologi. Padasemester ganjil tahun 2019/20 ini UHN menggiatkan publikasi ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional dengan menerbitkan tujuh Open Jurnal System yang ber e-issn serta diindeks di DOI, dan melaksanakan dua konferensi berskala internasional yang terindeks di Scopus (3rd NICTE dan NICCT). Hal ini sebagai salah satu upaya dari UHN untuk mewujudkan upaya menuju World Class University, tegas Rektor lagi.

Turut memberikan kata sambutan Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing di dampingi oleh Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan, Pdt. Debora Sinaga, yang memberikan apresiasi kepada semua orang tua karena kepercayaannya kepada UHN Medan. Semoga wisudawan sukses dan kedepan bisa jadi manusia yang membawa pembaharuan dan perubahan, tegas Ompui. Turut hadir dalam wisuda ini Sekretaris yayasan Pdt. Dr. Pintor. M Sitanggang, Prof. Dr. Himsar Ambarita, Prof. Dr. Bilter Sirait, Dra. Pinondang Nababan, MM, Drs. Monang Siburian, Kombes  (Purn) Dr. Maruli Siahaan, SH, MH

Adapun wisudawan terbaik adalah atas nama Doni Dinasman Zega dari Fakultas Peternakan dengan IPK 4,0, Nova R Batubara dari Prodi Administrasi Publik dengan IPK 3,88, Steven Jantri Situmorang dari Prodi Teknik Sipil 3,60, Marinawati Sitorus dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3, 85, erlina Gulo Prodi Adm Pajak IPK 3,88, Joel Hutasoit dari Prodi PAK dengan IPK 3,98, Elsa Gres Saragih Prodi Pendidikan matematika dengan IPK 3,95, Ivana Nina Barus dari F. Psikologi dengan IPK 3,85, Virmani Trimelda Purba dari Profesi Dokter Fakultas Kedokteran 3,96 dan Besnia Jul Triani Hutagalung 3,55, Andreas Eliya Zefanya dari Prodi Seni Musik FBS dengan IPK 3,79, Jhon Piter Rajadoli Sirait dari Fakultas Hukum dengan IPK 3,94, dan Andry Dayarana F. Silalahi dari Pascasarjana Prodi MM dengan IPK 4,00.

.