UHN Medan Lakukan Uji Publik Renstra

Sebagai  perguruan tinggi milik publik, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan akan mengelola perguruan tinggi ini dengan transparan, penuh tanggung jawab, dan melakukan tanggung jawab kepada publik. Berangkat dari sini kami UHN Medan melakukan uji publik terhadap Rencana Strategis (Renstra) dalam rangka mendapatkan masukan, dan melembagakan renstra ini agar bisa berhasil dengan baik dalam rangka mendorong UHN menuju tata kelola yang profesional dan transparan. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Richard Napitupulu, ST, MT pada saat uji publik Renstra UHN Medan 2019 2023 di Ruang Dr. Justin UHN Medan dihadapan para dekan dan juga para pengguna lulusan, swasta, alumni sebagai stakeholder, Kamis, (9/08/2019).

Dalam arahannya Wakil Rektor I mengatakan bahwa Faktor eksternal cukup kuat untuk membuat Renstra yang adaptif dan punya lanadasan filosofis yang kuat seperti Cange of learning, technology and business model, Change of industries, Future jobs, Change of regulation, National interes,  Necessity of new employment opportunities. Wakil Rektor I mengatakan adapun Adapun yang menjadi visi UHN Medan 2019 2023 adalah “Menjadi universitas unggul, bermartabat dan berdayasaing global menuju Perguruan Tinggi berkelas dunia dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria)”. 

Sedangkan yang menjadi misi Misi UHKBPN 2019 – 2023 adalah Melaksanakan Perguruan Tinggi Kristen yang bermartabat untuk, mewujudkan implementasi Pro Deo et Patria dalam mengembangkan keunggulan IPTEKS bagi kemajuan bangsaIndonesia, Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasiuntuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global, Mengembangkan penelitian yang inovatif untuk meningkatkan, menyebarluaskan dan menerapkan sains dan teknologi, seni dan budaya menuju pengakuan internasional, Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa, dan Meningkatkan kerjasama lokal, nasional dan internasional dalam rangka mengembangkan tridharma perguruan tinggi sekaligus mengembangkan kajian budaya Batak sebagai aset bangsa dan dunia

Wakil Rektor I mengatakan saat ini kita punya kapabilitas internal seperti jumlah dosen tetap yang dimiliki oleh UHKBPN Medan  berjumlah 372 orang dan jumlah mahassiwa aktif berjumlah 10.320 orang dengan rasio dosen dan mahassiwa  1:28, rata-rata penelitian dosen pertahun selama lima tahun terakhir berjumlah 0,68 judul, rata-rata jumlah PkM 0,37 perkegiatan, ada 60 dokumen terindeks Scopusdan disitasi sebanyak 177 kali dan 2311 terindeks google scholar dan disitasi 5593 kali, PkM dilihat dari segi pembiayaan terdiri dari 42 % bersumber dari pembiayaan sendiri dan 44 % dari institusi, dan UHKBPN Medan telah menjalin kerjasama dengan 47  institusi. Kapabilitas internal ini akan kita optimalkand an berdayakan dengan sebaik-baiknya agar UHN Medan bisa jadi salah satu perguruan tinggi unggul berdaya saing global. Kita sangat optimis untuk itu dan UHN Medan akan kita  dorong jadi salah satu PTS bermutu dan berorientasi pasar kerja melalui Renstra ini, tegas Wakil Rektor I lagi.

.