Rektor Tegaskan UHN Medan Adalah Rumah Kebangsaan Bersama

Saya tegaskan Universitas HKBP Nommensen Medan adalah rumah kebangsaan bersama, kampus ini tidak membeda-bedakan suku, agama dan pelayanannya karena kami menerapkan kasih sebagai dasar pengelolaan kami. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH, MH saat acara buka puasa bersama di Ruang Perpustakaan UHN Medan bersama pegawai, dosen, dan mahasiswa yang beragama Islam di lingkungan UHN Medan, Senin, (29/05/2019).

Dengan adanya buka puasa bersama ini kita semakin sepakat dengan visi UHN Medan dan saya sangat mengharapkan dukungan kita semua bagaimana menjadikan UHN sebagai salah satu  “world class university” dari Sumut sebagai kebanggan kita bersama, harap Rektor lagi. Rektor juga sangat berharap agar seluruh umat muslim diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga ibadah puasa dapat dilaksanakan hingga tiba waktunya idul fitri nanti. Tambah Rektor lagi,  kiranya momen bulan puasa dapat dipergunakan utk beramal dan berbuat yg terbaik bagi Nommensen kita ini.

Sebagaimana slogan IN HARMONI yang diusung oleh Rektor, maka kegiatan buka puasa bersama ini adalah salah satu contoh kongkritnya. Buka puasa ini adalah upaya silaturahmi yang sudah menjadi tradisi di universitas ini, sebagai bentuk saling menghargai antar pemeluk agama yg berbeda. Bulan Ramadan adalah bulan yg selalu dinantikan oleh umat Islam. Karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pengampunan, lahir baru dan pahala yang berlipat--lipat.  Puasa juga baik untuk kesehatan. Kendati puasa, kita tetap harus bekerja dengan baik, tegas Rektor menginspirasi dan memotivasi semua yang berpuasa.

Mewakili pihak yayasan Kombes (Punr) Dr. Maruli Siahaan juga memberikan sambutan dengan menegaskan bahwa buka puasa bersama ini adalah wujud bahwa kita berdiri berdampingan antara umat muslim dan non muslim. Toleransi kita junjung dalam kerja sama kita sehari-hari. Hal yang sama dikatakan oleh pengawas Yayasan Pinondang Nababan menyatakan  Keberagaman itu adalah hal yg indah. Prinsip saya, agama bukan untuk diperdebatkan tapi untuk dijalani. Agama bukan utk difanatikkan tetapi utk ditaati. Hendaknya keberagaman ini menjadi modal bagi kita untuk berbuat lebih baik lagi.

Sementara tausyah diberikan oleh salah satu dosen tetap UHN Medan Ir. Bambang MAhmudi, M.Si. Hadir dalam acara buka puasa ini bendahara yayasan Drs. Frans E Hutabarat, Prof. Dr. Bilter Sirait, MS, WR II Rusliaman Siahaan, SE, MM, WR III Dr. Ir. Sindak HUtauruk, MSEE, WR IV Samse Pandiangan, M.Sc, PhD, Kabiro Keuangan Ardin Doloksaribu, SE, M.Si, Kabiro SDM Drs. Mangasa Sinurat, SH, M.Si, para Dekan, mahasiswa Islam dari lingkungan UHN Medan.

.