Alumni UHN Medan Harus Inovatif dan Kreatif

Sebagai lulusan Universitas HKBP Nommensen  (UHN) Medan jadilah pribadi yang inovatif dan kreatif dengan terus belajar membangun dan meperbaharui diri agar anda semua bisa eksis di era Industri 4.0 ini. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan saat memberikan kata sambutan pada acara wisuda 539 lulusan D3, S1, S2 dan Profesi Dokter di Gedung Selecta Hall Medan, Sabtu, (25/05/2019). Pada saat yang sama UHN juga memberikan apresiasi kepada dosen  berprestasi versi pilihan dari mahasiswa, dosen berprestasi terbaik dalam hal publikasi di SINTA, dan juga dosen yang punya reputasi internasional.  

Rektor UHN Medan juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua semua wisudawan karena mempercayai UHN Medan untuk mendidik anak-anaknya. Rektor dalam sambutannya mengatakan saat ini Visi, Misi, dan Tujuan UHN yang berfokus pada ketercapaian capaian pembelajaran, lulusan, ketercapaian visi, misi, dan tujuan tersebut,  maka  UHN ini  perlu memiliki nilai-nilai bersama (UHN Values Share) dengan prinsip utama terangkum dalan satu kata IN  HARMONI  (Institution Nommensen (UHN)  must  be:  Humble,  Agile,  Respect, Motivated, Outstanding school, Nation, Integrity) yang merupakan Interpretasi dari wujud “Pro Deo et Patria” Bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi, dalam kehidupan sivitas akademika UHN.

Rektor juga melaporkan progress UHN dimana  saat ini ada 55 orang dosen tetap telah bergelar  doktor, suatu jumlah  yang  sangat  membanggakan  hati.    Tetapi, agar  visi  UHN terwujud, maka  program penyekolahan dosen ke jenang S3 perlu diakselerasi.  Itu sebabnya, pada tahun akademik 2017/2018, sebanyak 28 orang dosen telah dikirim ke program doktor, dan   pada tahun akademik 2018/2019 sebanyak 18 orang dosen diberangkatkan mengikuti program doktor sehingga pada tahun akademik 2018/2019 ini keseluruhan dosen yang sedang mengikuti  program  doktor berjumlah  82 orang. Kita merencanakan  akan terus menambah jumlah tersebut pada tahun akademik 2019/2020 sebanyak 20 orang ke program S3 sehingga pada tahun akademik 2019/2020 jumlah dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 102 orang.

Salah satu bentuk luaran dari peningkatan kerjasama yang sudah dibangun selama ini, pada  bulan  Juli  2019  ini  satu  orang  dosen  yang  sedang  studi  S3  di  USU  sdr.Charles Manurung, ST. MT dan satu orang mahasiswa S1 sdr. Chilinton Hutabara dari FT UHN diundang untuk mengikuti Industry Research Collaboration dari Chemnizt Technology University di Jerman selama sebulan dengan biaya dari DAAD. Selain  itu dua  orang  mahasiswa  FT UHN  yaitu sdri.  Septhiani  Silitonga  dan Sdr.  Prince Marbun berhasil mendapatkan Hibah Internship Research Programme selama dua bulan di National Chung Cheng University Taiwan dengan biaya dari universitas tersebut, tegas Rektor lagi.

Turut memberikan kata sambutan dalam wisuda ini Ketua L2DIKTI Sumut Prof. Dr. Dian Armanto M.Sc dengan tegas mengatakan UHN adalah salah satu PTS sehat dan salah satu yang terbaik di Sumut. Turut juga memberikan sambutan Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin L. Tobing, Ketua Yayasan Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM, dan perwakilan Alumni. Wisuda UHN ini dihadiri oleh Ketua Pengawas Dr. Ir. Manerep Pasaribu, Sekretaris Pdt. Dr. Pintor M. Sitanggang, anggota pengurus lainnya seperti Dra. Pinondang Nababan, MM, Golfried Lubis, SE, Ak, Kombes Purn Dr. Maruli Siahaan, Drs. Monang Siburian. Dari Pearaja hadir Sekjen HKBP Pdt. Dr. David F. Sibuea, M.Min, Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan, dan pengurus lainnya. 

.