Rektor UHN Medan Ucapkan Selamat Berpuasa

Segenap pimpinan Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Hal itu dikatakan oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH yang dampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT, Wakil Rektor II Rusliaman Siahaan, SE, MM, Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, Wakil Rektor IV Samse Pandiangan, M.Sc, PhD, Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, Sh, MH, dan Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas H. Silaban, SE, MBA dan Koordinator Humas UHN Jonson Rajagukguk, S.Sos, SE, M.AP,  dan segenap para dekan mengatakan kepada saudara umat Islam yang ada di Sumatera Utara selamat menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1440 H.

Rektor UHN Medan dengan tegas mengatakan, semua umat beragama di Sumatera Utara harus menghormati ibadah puasa karena ibadah puasa yang menjalankan umat Islam merupakan upaya membangun karakter dan untuk kemajuan bangsa kita ini kelak. Rektor menegaskan, kerukunan umat bergama di Sumatera Utara yang telah lama terjalin kita harapkan memperkuat dan mempererat persatuan dan kesatuan. Keberagaman di Sumut merupakan anugerah Tuhan karena dengan beragam dalam suku dan agama kita semakin kaya. Indonesia, khususnya Sumut merupakan daerah yang punya potensi sangat besar dari sudut keberagaman.

Harmonisasi kerukunan yang telah terjalin diharapkan makin mempererat persatuan dan kesatuan yang telah kita jaga, tegas Rektor UHN. Rektor UHN mengatakan, mahasiswa Muslim, dosen yang ada di UHN  dalam menjalankan ibadah puasanya mendapat dukungan dari Rektor dan Dekan. Kita terus mendorong puasa yang dijalankan mahasiswa Muslim UHN itu benar-benar membangun karakternya. UHN adalah kampus yang sangat menghargai keberagaman dan keberagaman itu musti di jaga. Maka tanggung jawab UHN adalah mendorong ibadah puasa itu jadi kekuatan bangsa untuk membawa bangsa ini sebagai bangsa yang berdaulat.

Menguatkan apa yang dikatakan oleh Rektor UHN Medan, Wakil Rektor Dr. Richard Napitupulu, ST, MT sangat mengharapkan ibadah puasa yang dijalankan oleh Umat Muslim yang ada di Sumut ini bisa berjalan dengan baik. kami sebagai saudara Muslim membantu dengan segala upaya untuk keberhasilan ibadah puasa umat Muslim. Puasa merupakan ritual agama Muslim yang harus kita dukung karena dengan puasa, karakter manusia dan karakter bangsa ini bisa terbangun. Umat Muslim berpuasa, kami umat Kristen menjaga bagaimana supaya ibadah puasa itu berjalan dengan baik. Dari sini sudah dapat kita simpulkan bahwa masyarakat Sumut sangat menghargai keberagaman, dan tanggung jawab kita untuk menjaga keberagaman itu, tegas Wakil Rektor.

Perlu dipahami UHN merupakan kampus yang sangat menghargai keberagaman. Semua umat beragama ada di lingkungan UHN. Semua mahasiswa diperlakukan sama di lingkungan UHN. UHN tidak ada membuat istilah kelompok minoritas dan juga kelompok mayoritas. Di lingkungan UHN banyak dosen yang berhijab dan itu sangat kita hargai, karena UHN menyadari keberagaman itu sangat indah. UHN sekalipun perguruan tinggi Kristen tetapi sangat menghargai umat agama lain karena landasan UHN adalah kasih dan menebarkan kasih pada semua semesta. Itulah sebabnya, UHN mendorong, mendukung dan mengharapkan keberhasilan ibadah Puasa Ramadhan 1440 H sebagai kekuatan bangsa kita, tegas Rektor dan Diamini oleh semua Wakil Rektor UHN dan Ketua LPPM dan Direktur Pascarajana.       

.