Dalam Rangka Internasionalisasi, Team UHN Medan Melawat Ke Korea Selatan

Dr. Pantas silaban , MBA Direktur Pascasarjana UHN dan team UHN mengabadikan MoU dengan Dankook University Korea Selatan 

Internasionalisasi kampus adalah hal yang sangat penting di era millenial dan globalisasi ini, hal itu ditegaskan oleh Direktur Pascasarjana  Dr. Pantas Silaban, MBA saat sampai kembali ke tanah air di kampus UHN seteleh melawat ke Thailand dalam rangka MoU dengan berbagai universitas ternama di korea selatan, Kamis, (1/11/2018). Dr. Pantas Silaban, MBA bersama WR II Drs. Charles m. sianturi, MSBA, WR IV Bidang kerjasama Prof. Dr. Binur Panjaitan, M.Pd, Dr. Erika Sinamblea, Prof. Dr Sondang Manik, dan Dr. Arsen Pasaribu  melakukan lawatan ke Dankook Univerity, Myonji University, Gangneung University Wonju National University, Kyundong University, dan Hallym University. Lawatan ini tentu ingin membangun UHN yang punya networking internasional dalam rangka internasionalisasi UHN untuk NHU Goes International, tegas Dr. Pantas Silaban lagi 

Sementara Rektor UHN dalam laporan progres UHN Medan mengatakan Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 53 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.  

Ini menunjukkan bahwa UHN  telah diakui sebagai perguruan tinggi bertaraf international atau setidak-tidaknya sebagai perguruan tinggi yang berpotensi untuk bertaraf internasional.  UHN bersepakat dengan berbagai perguruan tinggi tersebut untuk juga melakukan pertukaran mahasiswa atau international student exchange dan pertukaran dosen atau international student exchange serta kerja sama dalam penelitian atau joint research.  Sehubungan dengan itu, Nommensen  telah  mengirimkan 110 mahasiswanya ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan, Korea Selatan, Malaysia dan Cheko sejak 3 Februari 2016 yang lalu untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapang di sana.  Pada saat yang sama, mahasiswa luar negeri juga kuliah di UHN.  Selain itu, UHN juga telah memfasilitasi para alumni untuk memeroleh beasiswa S2 di luar negeri.  Sebanyak 36 orang alumni UHN telah kita berangkatkan ke program S2 di Taiwan.
  
Kita bergembira karena HKBP telah menugaskan UHN untuk mencari berbagai beasiswa di luar negeri bagi pelayan dan jemaat HKBP. Penugasan tersebut diawali dengan pendatanganan MoU antara Ephorus HKBP dengan Rektor UHN pada tanggal 3 Maret 2017 yang lalu.

Selain itu, UHN juga mengirim Dosen Fakultas Pertanian Dr Samse Pandiangan dan Dosen Fakultas Teknik Dr Richard Napitupulu sebagai dosen tamu dan peneliti tamu selama 2 bulan yakni April-Mei 2016 ke Czech University of Life Science yang berkedudukan di kota Praha negara Cheko.  Pada bulan Mei 2017, Dosen Fakultas Pertanian Dr Samse Pandiangan  akan menjadi dosen penguji di CULS Cheko. Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa biaya pertukaran dosen tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Proyek Erasmus Plus dari Masyarakat Ekonomi Eropah, tegas Rektor lulusan S3 Jerman ini.  

.