UHN Medan Siap Pimpin Forum Group Discussion Internasionalisasi Perguruan Tinggi

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam sebuah kesempatan memberikan cendramata kepada  salah satu guru besar CULS Prof. Dr. Ing. David Herak dari Rep. Ceko Eropa

Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan menyatakan siap memimpin Forum Group Discussion (FGD) tentang “internasionalisasi perguruan tinggi” karena kami sudah pengalaman dalam melakukan International Student Exchange (ISE) dan International Lecturer Exchange. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam pertemuan antar perguruan tinggi di lingkungan L2 DIKTI Sumut saat pembahasan mengenai “Internasionalisasi perguruan tinggi” di Sibolangit, The Hill Hotel and Resort, Kamis, (30/08/2018). Kesiapan itu diungkapkan oleh Rektor UHN pada saat Rakerwil L2 DIKTI dan mendapat dukungan dari berbagai pimpinan perguruan tinggi. 

Dengan segala kerendahan hati, dan demi kemajuan kita bersama kami sudah melakukan internasionalisasi kampus dimana kami banyak mengirim mahasiswa ke luar negeri seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia dalam bentuk International Student Exchange (ISE) dan International Lecturer Exchange. Kami juga punya Kantor Urusan Internasional (KUI) atau International Office Affairs (OIA) yang khusus mengatur masalah itu. Kemudian kami juga sudah berhasil menyelenggarakan  konferensi Internasional dalam bentuk 1nd NICTE dan 2 nd  NICTE (Nommensen International Conference Technology Engeneering) yang mendapat pengakuan internasional, tegas Rektor membagikan pengalamannya. Terlepas apakah yang kami lakukan sudah ideal, tetapi kami sudah memulainya dan ini adalah sebuah momentum yang perlu kita kembangkan bersama antar pergutuan tinggi sehingga semua perguruan tinggi yang ada di Sumut sama-sama maju, tegas Rektor UHN lulusan S3 Jerman ini

Dukungan terhadap ide Rektor UHN  itu antara lain disampaikan Rektor UISU Prof Dr Ir Mhd Asaad MSi, Rektor Universitas Simalungun (USI) Prof Dr Marihot Manullang, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr H Muhammad Isa Indrawan SE, MM, Rektor Universitas Dharmawangsa (Undhar) Dr Kusbianto SHMHum dan lainnya serta Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut Bidang Kerjasama, Yuris Danilwan, SE MSi PhD.

Disebutkannya selama ini Nommensen dengan tagline "Nommensen Goes International" dilihat lebih maju dalam rencana internasionalisasi perguruan tinggi yang antara lain ditandai adanya kerjasama dengan perguruan tinggi dari luar negeri dan pertukaran dosen dan mahasiswa serta  beberapa program internasionalisasi lainnya. Internasionalisasi UHN ini merupakan gagasan Ketua Yayasan UHN Ir. Nurdin Tampubolon MM bersama seluruh Pengurus Yayasan UHN yang memerintahkan UHN untuk  sepenuhnya menginternasionalisasi UHN agar segera memperoleh Akreditasi A.

Rektor UHN juga mengatakan, dengan adanya dukungan dan kepercayaan terhadap dirinya sebagai ketua FGD oleh sejumlah Rektor PTS Sumut itu, Rektor UHN mengaku merasa lebih bersemangat untuk menggalang kerjasama yang selama ini memang telah dilakukan.  "Hal ini akan diwujudkan dalam waktu secepatnya. Kami bersedia kegiatan ini dipusatkan di UHN Medan. Untuk itu, saya berterima kasih dan mengapresiasi dukungan tersebut. Kami akan mewujudkannya," katanya.

Dijelaskannya, dalam menginternasionalisasi kampus, hal itu dilaksanakan dalam bentuk  kerjasama internasional baik dalam kongres internasional, publikasi bersama internasional dengan dosen-dosen luar negeri. Selain itu pengiriman dan penerimaan dosen ke luar dan dalam negeri, dan pengiriman mahasiswa ke luar negeri serta penerimaan mahasiswa dari luar negeri ke dalam negeri.  Sebab, kata Sabam, salah satu indikator dari rangking perguruan tinggi yang dikeluarkan Dikti adalah berapa jumlah mahasiswa asing di perguruan tinggi masing-masing. "Nommensen berpengalaman dalam hal itu, sehingga saya sharing kepada sejumlah pimpinan perguruan tinggi lainnya dan mereka mengapresiasi dan ingin berbagi pengalaman," tuturnya.

Dirinya selaku Rektor UHN Medan akan mengimplementasikannya secepatnya. Menurutnya, hal ini tentu dalam upaya mewujudkan visi dari pemerintah, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) Wilayah Sumut, dan juga APTISI Sumut.  Sementara itu Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang menambahkan, pihaknya akan mendukung rencana dibuatnya FGD yang dipercayakan kepada Rektor UHN Medan. "Forum ini penting dibentuk untuk membahas peningkatan kualitas pendidikan menuju internasionalisasi kampus," ujar Marihot yang terpilih kembali menjadi rektor dalam sidang senat USI dan berharap yayasan mendukung hasil pemilihan dirinya menjadi rektor USI Prof. Marihot menilai  FGD bisa dijadikan sharing pengalaman para pimpinan perguruan tinggi dalam mewujudkan internasionalisasi kampus.

 

 

.