Softskill Awarness; Setting Your Career Goal Start From College Life for SOCIETY 5.0

 

Antusiasme Ratusan Mahasiswa UHN Medan Ikuti Pelatihan Softskill Awarness

Perubahan tuntutan softskill dan hardskill menuju era Society 5.0 juga mengubah banyak peran penting dari perilaku selama kuliah. Hal ini menjadi pusat perhatian dari Universitas HKBP Nommensen Medan melalui Bidang Pusat Karir/ Career Center Universitas HKBP Nommensen, terutama dengan melihat hasil lulusan tracer study 2021 yang mengungkap bahwa terjadi perubahan pasar lapangan kerja yang dialami oleh para alumni. Di awal kegiatan Pelatihan Softskill Awarness berlangsung gembira dengan adanya ice breaking dan games di awal acara, yang dipandu oleh Engel Febiola Tobing, S.Psi, salah satu alumnus Fakultas Psikolgi UHN Medan, pada hari Sabtu (19/11/2022) pukul 09.00- 12.00 WIB bertempat di Perpustakaan UHN Medan.

Dengan mengangkat tema “Setting Your Career Goal Start From Collage Life for SOCIETY 5.0”, menghadirkan narasumber Habib Prayitno, S.Psi., M.Psi, Psikolog dari PT. LPP Agro Nusantara diharapkan nantinya mahasiswa dapat mengasah dan melatih kemampuan diri, bakat ataupun keterampilan di luar kemampuan teknis dan akademis, yang mana hal tersebut dapat berpengaruh untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

Kepala Pusat Karir, Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog memaparkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang disusun berdasarkan pemetaan awal kebutuhan softskill mahasiswa baru. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan action plan dalam meningkatkan kesadaran akan pengembangan diri pada mahasiswa serta menyadarkan mahasiswa untuk menentukan tujuan perkuliahan adalah penentuan pengembangan kompetensi untuk karir yang ditargetkan sejak menyandang status mahasiswa,” ujar Psikolog Spesialis Mayor Industri Organisasi dan Minor Klinis ini.

Sementara itu, Wakil Rektor IV, Drs. Samse Pandiangan, MSc., PhD didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan Dr. Sanggam Pardede, M.Pd. dalam sambutannya, selalu mendukung dan memotivasi kegiatan seperti ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Habib dari LPP Agro (Subject Matter Expert) yang telah bersedia meluangkan waktunya untu berbagi ilmu. Kepada adik-adik mahasiswa saya berpesan, Anda harus belajar sungguh- sungguh, harus berkualitas. Caranya seperti mengikuti kegiatan hari ini yaitu membangun softskill. Saya sangat senang dengan kegiatan seperti ini, selalu saya dukung dan untuk kegiatan softskill, tidak semua kampus memiliki pusat seperti ini,” ucapnya sembari membuka kegiatan pelatihan ini.

Antusiasme kegiatan ini dibuktikan dengan kehadiran Softskill Awarness ini diikuti hampir 300 orang peserta mahasiswa baru angkatan tahun 2022. Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan dan terlibat dalam sesi tanya jawab yang interaktif. Pemateri dalam hal ini Bapak Habib Prayitno, memberikan banyak sekali wawasan seperti memulai perkuliahan dengan tujuan karir yang tepat, memiliki aktivitas yang mendukung dalam pengembangan diri serta tetap melakukan pengembangan networking (jejaring) selama menjadi mahasiswa untuk karir kedepannya setelah lulus kuliah nantinya. Nantinya semua peserta akan mendapatkan e- certificate pelatihan ini. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada narasumber dan foto bersama seluruh peserta dan narasumber.

 

.