Pusat Karir : Sosialisasi dan Sharing Bareng Peserta PMMB (Persiapan Batch 1 Tahun 2022)

15 Januari 2022, Pusat Karir melaksanan Kegiatan sosialisasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 Tahun 2022, dengan mengangkat tema sharing session bareng Peserta PMMB Tahun 2021. Sharing ini bertujuan untuk memberikan gambaran pada Calon peserta yang ingin mengikuti Kegiatan Magang Di lingkungan BUMN Secara Nasional. Adalah Bapak Hotpascaman Simbolon, M.Psi., PSikolog yang melakukan inisiasi program ini dengan mengikuti kerjasama pada ICCN (Indonesian Career Center Network) Pada tahun 2019, dan telah melakukan kordinasi dengan FCHI (Forum Human Capital Indonesia) Kementrian BUMN untuk bekerjasama dalam perekrutan Magang bersertifikat Selama 5 Tahun Kedepan. 

Kegiatan ini melibatkan nama-nama Mahasiswa berikut yang telah lebih dulu lolos seleksi dalam PMMB Tahun 2021.
Lia Rolenta Hutagaol Magang Di PT Pertamina
Fernando Sinaga dan Utama Siagian , Magang di PT Perkebunan III
Rizka Sinaga , Magang di PT Virama Karya 
Novita Pasaribu, Magang di PT Pelindo 1

Ke 5 (lima) mahasiswa ini telah memberikan pengalaman unik untuk setiap kegiatan yang diikuti selama mengikuti magang. Lia dalam penjelasannya mengungkapkan banyak kemampuan teknis excel yang wajib di upgrade oleh mahasiswa dan kampus. Belum lagi Utama Siagian mengutarakan bahwa softskill yang perlu dikembangkan meliputi  Teamwork dan Public Speaking untuk mampu mengikuti ritme tempat kerja. Fernando Sinaga dalam pemaparan pengalaman yang ia miliki mengungkapkan bahwa pentingnya integritas dalam mengerjakan pekerjaan karena tidak hanya melibatkan nama pribadi namun nama almamater. Rizka dalam pengalamannya untuk pekerjaan di Manajemen konsultan mengutarakan perlunya Penyesuaian diri yang tepat untuk dapat bekerja dengan target. Sedangkan Novita Pasaribu , sebagai mahasiswa yang telah diperpanjang masa magangnya, menjelaskan bahwa dalam kesempatan magang yang ia miliki telah membuktikan perlunya Softskill Komunikasi serta TIme Management saat menyesuaikan diri dengan Keperluan Perkuliahan. 

Tidak hanya sampai pada pengalaman, ke 5 mahasiswa membagikan cerita yang menjadi suka, dan effort saat bekerja dengan mengingat kesempatan PMMB menjadi kesempatan untuk mengasah diri. PMMB seiogianya dalam penjelasan Ka Pusat Karir (Hotpascaman Simbolon) , adalah pengalaman magang yang dicetuskan Kementrian BUMN dalam menindaklanjuti adanya Gap Skill selama masa Perekrutan di lingkungan Dunia Kerja dalam hal ini BUMN. Beliau melanjutkan bahwa, banyak dari alumni PMMB sebelumnnya bahkan lebih cepat dalam mempersingkat gapyear (masa tunggu). 

Pengalaman ke 5 (lima) Mahasiswa/i ini menjadi dasar untuk membuktikan bahwa perlunya upgrade dan update diri bahkan sebelum lulus perkuliahan. Pun demikian, Diharapkan banyak persiapan secara intens untuk diri individu dalam mempersiapkan diri untuk langkah selanjutnya. Kegiatan ini diharapkan memberikan wawasan untuk tetap melakukan pengembangan diri melalui mengasah adaptabilitas mahasiswa baik dari sejak kuliah, bahkan sesaat menyandang gelar Alumni. Salam Prodeo et Patria

 

 

 

.