Desiminasi Internal Hibah Fasilitasi Tracer Study Tahun 2021

Diseminasi Internal Hibah Fasilitasi Tracer Study  Tahun 2021

Bertempat di Ruang Rapat Justin Sihombing UHN Medan, Senin (13/12/21), Universitas HKBP Nommensen Medan melaksanakan Diseminasi Internal Hibah Fasilitasi Tracer Study Tahun 2021. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor IV   Drs. Samse Pandiangan, MSc., Ph.D yang mewakili Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan dan dihadiri oleh Para Dekan, Wakil Dekan dan Kaprodi tiap Fakultas.

Dalam sambutan tersebut Wakil Rektor IV mengapresiasi capaian dari Pusat Karir dalam memperoleh Hibah dari Dirjen Kemdikbud untuk tahun 2020-2021. Tracer study Nommensen juga telah mengikuti standar yang dilaksanakan oleh Dikti. “Harapan saya adalah bagaimana selama ini konektivitas dan kerja sama Tracer Study di tingkat universitas hingga ke prodi, sehingga semua nya bisa bermuara di tingkat universitas sehingga nanti pada saat AIPT dusah tergambar bagaimana kondisi alumni kita,” ucap Samse.

Program Tracer studi ini adalah untuk mengetahui masa transisi dari dunia perguruan tinggi (kampus) menuju dunia industri (dunia kerja). Studi ini juga bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kompetensi yang di dapat selama proses pendidikan dan kondisi pembelajaran selama di perkuliahan dengan tuntutan kompetensi pada saat alumni kami diterima di dunia kerja.

Beliau juga menjelaskan peran penting Tracer Study untuk AIPT . “Berapa persen alumni kita yang mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan bidang nya,begitu  juga di dalam Indikator Kinerja Utama (IKU). Saya mengharapkan  kita sama-sama menyadari bahwa produk dari Tracer Study ini sangat banyak manfaatnya,” jelas nya.

Kepala Pusat Karir/ Career Center, Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog mengatakan Project akhir dari Tracer Study adalah Buku Tracer Study yang sampai saat ini masih dilakukan analisis datanya. “Kegiatan Tracer Study yang sudah kita lakukan seperti di tahun 2020 yaitu Sosialisasi berulang di tingkat Fakultas hingga Prodi. Tetapi semua bisa dikatakan belum tersistematis dan terstruktur dengan baik karena belum ada nya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI),”ujarnya.

Hotpascaman juga memaparkan Program Kerja – Anggaran Hibah Fasilitasi Tracer Study pertama dimulai dengan membangun system Tracer Study pada website www.tracerstudy.uhn.ac.id dan google form www.tiny.cc/tracer_uhn . Kedua,  Sosialisasi Akbar Bersama Alumni sebanyak 2 kali dengan tema “Pusat Karir Memanggil Alumni” dan “Membangun Portofolio dan Sukses Wawancara Kerja,” serta sosialisasi via social media, email, whatsaap dan by phone. Ketiga, Pemagangan Mahasiswa untuk menjangkau Alumni dilanjutkan dengan Pelaporan Tracer Study Tahap 3 ( 40% total target) dan terakhir Evaluasi (Diseminasi).

“Tracer Study yang kita lakukan ini adalah Tracer Study menurut tanggal /kalender tahunan bukan tahun akademik. Jadi yang di trace itu adalah mahasiswa yang lulus mulai bulan Januari-Desember 2019 dan Januari-Desember 2020. Tracer Study 2021 dilaksanakan untuk menelusuri lulusan UHN Medan tahun lulus 2019 dan 2020. Untuk respon rate lulusan tahun 2019 sebanyak 441 dengan populasi sebanyak 2.194. Sedangkan untuk respon rate lulusan tahun 2020 sebanyak 770 orang dari total lulusan 2.315.

.