Kelas Karir Untuk Mahasiswa Baru

Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen Medan Bekali Mahasiswa Baru Lewat Webinar Softskill Awareness

Pusat Karir (Career Center) Universitas HKBP Nommensen Medan mengadakan rangkaian kegiatan peningkatan softskill awareness khusus untuk mahasiswa baru. Kegiatan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri peserta sebanyak 435 orang dan melalui saluran Youtube UHN Medan Official, Sabtu (02/10/2021).

Wakil Rektor IV Universitas HKBP Nommensen Medan, Drs. Samse Pandiangan, MSc., Ph.D. mewakili Rektor dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Karir. “Memasuki perkuliahan mahasiswa baru tidak hanya dibekali dengan pengetahuan akademik saja, tetapi perlu juga bagaimana membangun dan mengembangkan sofskillnya dalam perkuliahan dan pencapaian dalam dunia kerja kelak. Harapan saya mari serius mengikuti dan rasakan manfaatnya,” ucap doctor biologi lulusan University of Wyoming USA.

Acara Webinar kali ini mengundang dua pembicara. Narasumber pertama adalah Vieda Havantri, M.Psi., Psikolog selaku Corporate Culture Assistant- Human Capital Division of PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan mengangkat topic “Softskill Awareness”. Dilanjutkan dengan narasumber kedua, Egi Lioner Siahaan, S.E, merupakan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHN Medan angkatan 2020 dan sekarang bekerja sebagai Staff BRI KC Sidikalang dengan mengangkat topic “Pengelolaan Diri Selama Kuliah”.

“Profesi apapun itu, apabila dibarengi dengan softskill, kita akan mudah bertahan dalam kompetisi. Untuk bisa memiliki softkill tersebut, kita harus bergerak dari comfort zone kita dan mau belajar dalam konteks apapun,” jelas Vieda.

Dikatakan, softskill perlu karena ada dorongan perubahan terbesar saat ini seperi Ekonomi Global, Teknologi dan Demografi. Kemampuan Komunikasi, Penyelesaian Masalah, Kepemimpinan, Adaptasi, Etika Kerja.“Pada intinya, kitalah yang memegang kendali terhadap apa yang ingin kita raih, semangatlah untuk menata dan berlatih untuk mengupgradesoftskill dan hardskill dirikita,” ucap Vieda lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh narasumber kedua, Egi Lioner Siahaan. “Diri sendiri memegang kendali bagaimana kita mengelola diri kita untuk mencapai tujuan yang kita mau”. Beliau menjelaskan beberapa poin self control semasa kuliah yaitu, pertama adalah cita-cita/ tujuan. Kita harus tau apa yang menjadi tujuan kita kuliah. Sepertihalnya pemilihan jurusan perkuliahan. Kedua, rencana jangka pendek. Ketiga, tindakan kita untuk mempersiapkan knowledge selama kuliah untuk bekal dalam menggapai cita-cita. Keempat, factor pendukung, seperti aktif berorganisasi yang bisa mendukung, ikut pelatihan - pelatihan yang tersedia di kampus dan beberapa lomba. Terakhir, kenali factor penghambat dengan mengikuti pelatihan diluar kampus untuk meminimalisir kekurangan kita tersebut.

“Tetap semangat, jangan mau jadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, selalu aktif di setiap kegiatan yang yang bisa mengembangkan diri kita,” harap alumni yang pernah mengikuti PMMB bersama BUMN di PT. Inalum (Persero) ini.

Para peserta semakin antusias terlihat saat dibukanya sesitanya jawab. Pertanyaan yang diajukan peserta langsung dijawab secara padat dan jelas oleh kedua narasumber sehingga mahasiswa semakin menyerap ilmu yang disampaikan. Webinar ini diakhiri dengan pemberian e- certificate kepada kedua narasumber dan seluruh peserta oleh Ketua Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen Medan, Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog dan dilanjutkan dengan mengabadikan moment dengan foto bersama seluruh peserta.

 

 

 

https://youtu.be/8p235W0p9nk

.