Mengemuka Dalam Seminar Magister Ilmu Hukum UHN

Mengemuka Dalam Seminar Magister Ilmu Hukum UHN

Generasi Millenial Harus Sukseskan Pesta Demokrasi

Pesta demokrasi dalam rangka pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif, baik di tingkat pusat maupun daerah akan segera dihelat. Sejalan dengan itu, generasi milenial atau yang lebih dikenal dengan istilah kaum milenial memiliki andil dan peran besar dalam rangka mensukseskan agenda demokrasi yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Peran serta dan kepedulian kaum milenial sangat diharapkan guna membangun demokrasi yang lebih berkualitas di tanah air melalui partisipasi politik dalam proses pemilu dimaksud. Demikian disampaikan Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH pada saat pelaksanaan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan (IMMH-UHN) kepada media pada Jumat, 05/04/2019.

Seminar Nasional tersebut mengambil thema Peran Generasi Milenial dalam Mensukseskan Pesta Demokrasi. Dr. Janpatar Simamora, SH., MH menegaskan bahwa pelaksanaan seminar ini juga dimaksudkan sebagai upaya membangun budaya akademis kritis bagi kalangan mahasiswa S2 Ilmu Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH. Dalam sambutannya, rektor menegaskan bahwa pelaksanaan seminar nasional ini patut diapresiasi sebagai wadah bagi berbagai kalangan dalam rangka membangun kesadaran akan pentingnya makna pesta demokrasi dalam menentukan arah pembangunan bangsa. Rektor menyambut baik kegiatan dimaksud dan mengatakan bahwa mahasiswa Magister Hukum UHN telah turut mengambil peran dalam mensukseskan pesta demokrasi di Indonesia.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam Seminar Nasional ini adalah dari Jaringan Demokrasi Indonesia, Nazir Salim Manik dan Benget Silitonga, Komisioner KPU Sumatera Utara. Dalam paparannya, Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga menyampaikan makalahnya dengan judul Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi. Menurutnya, Partisipasi Pemilih penting dalam rangka memperkuat legitimasi demokrasi dan legitimasi Pemilu, meskipun tidak menjadi veto praktik demokrasi, Partisipasi menjadi instrumen penting mengukur keberhasilan pemilu, di luar parameter-parameter lain seperti kemampuan mengelola konflik, free and fair, dan terpilihnya individu yang kredibel.

Adapun yang menjadi Panitia dalam Seminar Nasional ini terdiri dari Ridho Pandiangan, SH, Goncalwes Sirait, SH., Bintang Christine, SH, Ranap Sitanggang, SH, Andrie Gusti, SH, Jimmi Simangunsong, SH, Mori Rajagukguk, SH, Bintang May Ellyn Naibaho, SH, Leonardo David Simatupang, Sik, Sahat Benny Girsang, SH, Erni Juniria Harefa, SH, Pondang Hasibuan, SH, Anggraini Sinta Marito, SH, Timoteus Sirait, SH dan Nova Panjaitan. Seminar Nasional ini turut dihadiri para dosen program Magister Hukum Universitas HKBP Nommensen, mahasiswa serta undangan lainnya.

 

.