Penguasaan Bahasa Inggris Yang Baik Kata Kunci Sukses Hadapi Industri 4.0

Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas H. Silaban, SE, MBA, Asdir Pasca Prof. Dr. Sondang Manik, M,.Hum  foto bersama dengan presenter seminar sebelum acara dimulai di Ruang Dr. Justin

Penguasaan Bahasa Inggris yang baik adalah kata kunci dan menjadi penentu  untuk bisa berhasil dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0. Hal itu ditegaskan oleh Direktur Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan Dr. Pantas H. Silaban, SE, MBA saat membuka acara seminar Magister Pendidikan Bahasa Inggris sekaligus sebagai salah satu narasumber di acara tersebut dengan topik “Experimental Cognitive Reseacrh Software Inquisit And Some ELT Digital Media In Industry 4.O Era” di ruang Dr. Justin dengan menghadirkan narasumber seperti Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum, dr. erika Sinambela, M.Hum, Dr. Asren Pasaribu, M.Hum, Dr. Andrew L. Tobing, M.Hum, Jumat, (21/02/2019).

Dr. Pantas H. Silaban, MBA lulusan  di Westenr Michigan University, USA ini mengatakan saat ini bahasa Inggris adalah kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua insan, terlepas apa latar belakangnya sebagai salah satu kiat sukses menghadapi era Industri 4.0. Saat ini UHN Medan telah banyak melakukan pembenahan, termasuk Pascasarjana supaya kualitas lulusan kita bisa sukses di dunia kerja. Berbagai upaya kita lakukan, termasuk studi banding ke luar negeri dengan tujuan agar mutu lulusan terjaga dengan baik dan punya wawasan global.

Saat ini sering kita lakukan seminar-seminar tentu tujuannya agar mahasiswa makin kreatif dan inovatif, dimana mereka kita berikan porsi untuk berpartisipasi dalam memaparkan penelitian mahasiswa S2 MPd Bahasa Inggris kita. Dengan demikian, pola yang kita bangun di S2 UHN Medan adalah pola interaksi yang membangun yang mana semua harus berpartisipasi aktif. Semua kita lakukan bagaimana supaya mereka bisa mengeksplorasi kemampuan mereka selama proses perkuliahan di Pascasarjana UHN Medan, tegas Doktor Manajemen Lulusan USU Medan ini lagi.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH  sangat mengapresiasi kegiatan S2 Pendidikan bahasa Inggris ini. Semua kegiatan dengan out put membangun akan kita dorong termasuk kegiatan seminar yang sangat berharga ini, tegas Rektor UHN lagi. Rektor mengharapkan mutu lulusan S3 Pendidikan Bahasa Inggris bisa terjaga dengan baik. Sementara Asisten Direktur Pascasarjana Prof. dr. Sondang Manik, M.Hum mengatakan kegiatan seminar ini adalah sebagai upaya untuk mendukung Program kerja Rektor yang sangat menekankan keberhasilan lulusan UHN menghadapi Revolusi Industri 4.0 dimana lulusan UHN Medan harus mampu menggunakan peluang ini dengan baik.

Kegiatan seminar ini tentu bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran Bahasa Inggris yang baik dan benar. Dengan adanya Software INQUIST ini kita harapkan kedepan kemampuan belejar Bahasa Inggris kita bisa lebih bagus lagi, tegas Prof. Sondang. Bahkan Prof. Sondang Manik mengatakan seminar ini juga  sebagai sebuah masukan dalam rangka membuka Doktor Lingusitik di UHN Medan yang prosesnya sedang berjalan. Kita harapkan S3 Lingusitik UHN Medan bisa segera dibuka  untuk menjawab kebutuhan SDM Lingustik di Sumatera Utara ini, tegas Prof. Dr. Sondang Manik lagi.

 

.