Jawab Kebutuhan Jaman UHN Medan Resmi Menerima Mahasiswa Magister Ilmu Hukum

Terhitung mulai tahun ajaran 2018/2019, Universitas HKBP Nommensen secara resmi menerima mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana Magister Ilmu Hukum. Hal tersebut dilakukan seiring dengan telah terbitnya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 551/KPT/I/2018 tertanggal 05 Juli 2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Hukum Program Magister pada Universitas HKBP Nommensen. Melalui penyelenggaraan Program Studi ini, kualitas sumber daya manusia di tanah air, khususnya bidang hukum diharapkan dapat lebih baik dan mumpuni. Demikian dikatakan Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH kepada wartawan pada Senin (15/10).

Lebih lanjut dijelaskan Dr. Janpatar Simamora, SH., MH yang juga merupakan kolumnis berbagai media ini bahwa Program Studi S2 Hukum UHN memiliki Visi Menjadi Magister Ilmu Hukum yang unggul pada tingkat nasional dan Asia Tenggara berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria) 2027. Sedangkan misinya adalah Menyelenggarakan pendidikan tinggi kristen bermutu yang mampu bersaing secara internasional, Menyelenggarakan penelitian yang berdaya saing nasional dan internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna jasa pendidikan tinggi, Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara nasional dan internasional dan menjalin kerjasama untuk meningkatkan citra Program Studi.

“Adapun mengenai persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa Magister Ilmu Hukum UHN adalah Menyerahkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir masing-masing 2 lembar, Menyerahkan pas photo terbaru ukuran 3 x 4 cm dan 4 x 6 cm masing-masing sebanyak 4 lembar, Mengisi formulir pendaftaran, Mengisi formulir kelayakan akademik (rekomendasi dari 2 orang bergelar doktor atau dari atasan bagi yang sudah bekerja), Membayar biaya pendaftaran, Mengikuti Test Wawancara” tegas Dr. Janpatar Simamora, SH., MH.

Sekalipun merupakan program studi baru, namun sangat diyakini bahwa Program S2 Hukum UHN akan mampu bersaing dengan program yang sama yang dimiliki kampus lain di Sumatera Utara. Hal itu didasarkan pada sejumlah keunggulan yang dimiliki UHN saat ini, seperti akreditasi institusi dan akreditasi program studi S1 Hukum yang sudah meraih peringkat B. Selain itu, papar Dr. Janpatar Simamora, SH., MH bahwa UHN memiliki perpustakaan dengan akreditasi A serta memiliki berbagai kerjasama dengan sejumlah universitas, baik dalam dan luar negeri.

“Untuk angkatan pertama, Program Studi Magister Ilmu Hukum UHN menerima mahasiswa baru dengan jumlah terbatas. Hal ini dimaksudkan dalam rangka menjaga kualitas program perkuliahan serta kualitas lulusan. Mengenai informasi uang kuliah dan pelaksanaan seleksi serta perkuliahan dapat menghubungi Fakultas Hukum dan Program Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Jln. Sutomo No. 4A Medan” pungkas Doktor Ilmu Hukum lulusan Universitas Padjadjaran ini.

.