BUILD UP YOUR CONFIDENCE IN PUBLIC SPEAKING

Public Speaking tentunya akan menjadi skill yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa khususnya mahasiswa Psikologi. Psikologi tanpa public speaking sama saja seperti tukang tanpa bahan bangunan. Oleh karena itulah BEM Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan mengadakan seminar aksi dengan tema “Build Up Your Confidence In Public Speaking” untuk melatih dan memberikan tips dan trik kepada mahasiswa psikologi agar lebih percaya diri ketika berada di depan publik.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 November 2022 pukul 10.00-12.00 WIB di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Medan dengan Moderator Nova V. Siringoringo Mahasiswi Fakultas Psikologi Semester 5. BEM Fakultas Psikologi juga mengundang RM Afif Handri Nabawi, M.Psi, Psikolog sebagai narasumber dalam acara seminar ini, dimana beliau ini merupakan Supervisor People and Development di Sinarmas (SOCI) dan juga beliau merupakan Educational Psychologist dan Curriculum Designer di The Hyouman (USA). Seminar ini dihadiri oleh 250 peserta.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi, Psikolog dalam sambutannya, mendukung penuh acara seminar “Build Up Your Confidence In Public Speaking” karena public speaking adalah nyawa dari psikologi. Sambutan beliau dalam pembukaan seminar juga mengharapkan mahasiswa psikologi untuk mengikuti seminar dengan baik sehingga tidak ada lagi mahasiswa psikologi yang tidak percaya diri berbicara di depan umum.

Menurut RM. Afif Handri Nabawi, M.Psi, Psikolog sebagai narasumber dalam seminar, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi kemampuan public speaking seseorang yakni:

  1. Mindset (yang terdiri dari 2 tipe yaitu Growth Mindset dan Fixed Mindset)
  2. Cognitif Distortion/ cara berpikir yang tidak rasional (terdiri dari Catastrophizing, Generalizing, dan Mental Filtering)
  3. Personality (ektrovert dimana akan mendapatkan energy jika ia berada ditengah keramaian dan Introvert dimana ia akan mendapatkan energy jika sedang sendirian)
  4. Brain Position (otak kiri akan berpikir lebih rasional, lebih logis, factual dan objektif, sedangkan dominan otak kanan akan lebih emosional, imaginative, intuitif dan holistic)

RM. Afif Handri Nabawi, M.Psi, Psikolog juga memberikan tips dan trik yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan diri di depan public yakni:

  1. Sebelum Public Speaking

Sebelum kita melakukan public speaking sebaiknya melakukan 3C terlebih dahulu, yakni:

  • Cicil : mencicil setiap hari topic yang akan di presentasikan
  • Cari : Cari tahu apa penyebab ketakutan kita dan kita mulai menemukan solusi untuk ketakutan itu.
  • Cermin : Latihan di depan cermin

       2. Saat Public Speaking

          Saat kita melakukan public speaking sebaiknya kita memperhatikan 3S, yakni:

  • Style : kecepatan berbicara, lembut atau kerasnya, dinamika, outfit, humor dan body language
  • Siaga : persiapkan catatan keci dan perkiraan pertanyaan dari peserta
  • Situasi : formal atau informal

Acara ini ditutup dengan door prize, makan bersama dan sesi foto bersama antara peserta seminar, panitia dan narasumber. Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan foto bersama seluruh peserta dengan narasumber.

.