PSIKOLOGI NOMMENSEN AJARKAN JADI - BE THE BEST VERSION OF YOU

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN KEMBALI MENGGELAR WEBINAR DENGAN MENGUSUNG TEMA “BE THE BEST VERSION OF YOU

Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan kembali menggelar webinar dengan tema yang menarik yakni webinar yang bertemakan “BE THE BEST VERSION OF YOU”. Webinar yang dilaksanakan pada Senin 5 September 2022 ini telah diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom serta dihadiri kurang lebih 50 peserta. Webinar ini diselenggarakan dari pukul 14.30 WIB hingga 16.00 WIB. Sesuai dengan judulnya webinar ini membahas mengenai bagaimana individu dapat mengoptimalkan kemampuannya agar mampu mencapai versi terbaik dari dirinya.

Untuk webinar kali ini kami mengundang seorang narasumber yang sangat berkompeten dalam bidangnya. Beliau adalah Ibu Asina Christina Rosito, S.Psi, M.Sc yang juga merupakan salah seorang dosen Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan.

Webinar kali ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Master of Ceremony yakni Widya N.S. Samosir (Mahasiswa Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020) serta Winny S. Manalu (Mahasiswa Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020). Webinar ini dilajutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Ibu Dr. Karina M. Brahmana, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen.

Webinar kali ini bertemakan “BE THE BEST VERSION OF YOU” dimana sesuai dengan tema yang diusung pada webinar ini menjelaskan kepada peserta bagaimana cara untuk menjadi versi terbaik dari diri kita. Dalam webinar ini narasumber memberikan gambaran mengenai bagaimana cara kita sebagai individu untuk terus bertumbuh menuju versi terbaik diri.

Dalam webinar ini dijelaskan bahwa langkah utama untuk menjadi versi terbaik diri adalah dengan melakukan refleksi terhadap diri yang sekarang. Refleksi diri artinya melihat kembali ke dalam diri apakah diri yang sekarang sudah menjadi diri yang diharapkan, apa potensi yang diri miliki, apa saja hambatan-hambatan yang menghambat penumbuhan versi terbaik diri, serta apa yang dapat dilakukan untuk bertumbuh menjadi versi terbaik diri. Langkah selanjutnya yang dijelaskan oleh narasumber untuk mencapai versi terbaik diri adalah dengan menetapkan tujuan, terus belajar, mengembangkan pemikiran yang berkembang (growth mindset) , serta meningkatkan resiliensi diri. Pemaparan materi ditutup dengan perkataan narasumber bahwa setiap individu akan bersaing dengan diri sendiri untuk mencapai versi terbaik diri setiap harinya.   

Antusias dari para peserta dalam webinar kali ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada narasumber. Salah satu pertanyaan terbaik yang disampaikan oleh peserta kepada narasumber adalah “apakah versi terbaik diri yang sering berubah-ubah menunjukkan suatu labilitas diri?”, yang dijawab oleh narasumber bahwa versi terbaik diri yang sering berubah malah menunjukkan pribadi yang terus-menerus belajar, dan mengindikasikan adanya pertumbuhan dan perkembangan pribadi ke arah yang lebih baik dan bukan suatu labilitas.

Webinar ini kemudian ditutup dengan pembawaan doa secara kristiani yang dibawakan oleh MC Widya N.S. Samosir serta sesi dokumentasi yang dipandu oleh operator. Sebelum penutupan, MC Widya N.S. Samosir juga melakukan promosi terhadap Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan kepada para peserta.

 

Contributor:

Aliza Lothfi Habiba (Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan Angkatan 2020) | IG: @allothfi

Onja Damasa Sinaga (Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan Angkatan 2019) | LinkedIn: Onjasinaga

 

 

 

.