Perkuat Kompetensi Penyusunan Skripsi TA 2022/2023, Melalui pembekalan

Untuk yang Kedua Kalinya  Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan Mengadakan Webinar Dalam Rangka Sharing Session Pembekalan Skripsi Angkatan 2019 Bersama Prof. Dr Elizabeth Kristi Poerwandari., Psikolog.

 

 

Tepat di tanggal 10 Juli 2022 Fakultas Psikologi Nommensen Medan mengadakan acara sharing session bersama dengan Prof. Dr Elizabeth Kristi Poerwandari., Psikolog Seorang dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dimana di sharing session ini mengakat tema berkaitan dengan “Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian skripsi”. acara dilakukan sekitaran 2 jam yang dimulai dari jam 10 pagi. Di acara yang kedua ini juga dipandu oleh dosen Fakultas Psikologi Nommensen Medan yaitu ibu Ervina Siahaan, M.Psi, Psikolog.

 

Di Sharing session yang kedua dilakukan fakultas psikologi medan ini, membahas banyak sekali materi yang berkaitan dengan Penelitian  kualitatif, dalam pembekalan yang akan diberikan kepada mahasiswa angkatan 2019 dalam menghadapi semester skripsi. beberapa topik yang dibahas oleh ibu Kristi Poerwandari adalah berkaitan perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif, dalam hal ini ibu Kristi memberikan penjelasan bahwa kualitatif tersebut berkaitan dengan bagaimana menggali sebuah fenomena yang diteliti lebih dalam lagi terhadap objek yang sedang diteliti.

 

Dalam penelitian Kualitatif sendiri ada yang dinamakan studi pada situasi alamiah, hal ini berkaitan bagaimana si peneliti terjun langsung ke lapangan melihat bagaimana kondisi lapangan langsung berkaitan dengan subjek yang diteliti tersebut. Pada kualitatif sendiri dibahasa bahwa dia berorientasi terhadap penemuan, bukan terhadap sebuah pembuktian, hal ini dimaksudkan bahwa dalam sebuah penelitian yang dilakukan ada sebuah penemuan terhadap fokus dari penelitian yang dilakukan oleh si peneliti terhadap subjek yang sedang diteliti tersebut. Di penelitian kualitatif juga terjadi sebuah kontak personal antara si peneliti dan si subjek penelitian dalam menggali informasi berkaitan yang dibutuhkan dalam penelitian nya.

Selain membahas banyak sekali hal yang berkaitan dengan Kualitatif, ibu Kristi juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta dalam bertanya berkaitan dengan materi yang dibahas. Di mana diberikan waktu beberapa saat dalam menanyakan kembali materi yang sudah dibahas. Seperti Belgiana purba yang bertanya berkaitan dengan bagaimana cara dalam mencari subjek untuk penelitian tersebut, agar dia ingin diwawancara. Dari sini ibu kristi sendiri memberikan jawaban bahwa hal ini berkaitan dengan bagaimana keterampilan yang dimiliki si peneliti tersebut, hal ini kembali lagi peneliti yang harus membagun repport yang baik terhadap subjek dan skil lainnya yang berkaitan dengan bagaimana nanti si subjek yang diteliti merasa nyaman dengan peneliti tersebut.

 

Tidak hanya sampai disitu, waktu yang hanya 2 jam tersebut ibu Kristi juga memberikan sebuah tugas kepada semua peserta. Dimana hal ini dilakukan untuk awal dalam melakukan penelitian di kualitatif, hal ini berkaitan menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Pertanyaan pertama yang berkaitan dengan apa topik yang dipilih?, nah bagi seorang peneliti sebelum melakukan penelitian seharusnya sudah menentukan apa sih topik yang akan dilakukan dalam penelitian tersebut, fokus penelitian nya mau topik apa yang akan diangkat nantinya. Masuk kedalam pertanyaan kedua berkaitan dengan mengapa harus menggunakan pendekatan kualitatif ? , hal ini harus dijelaskan oleh si peneliti kenapa dia harus menggunakan metode kualitatif dalam penelitian yang dia angkat sedangkan banyak metode lainnya, mungkin disini peneliti bisa menjelaskan secara signifikan beriakatan mengapa dia memilih penelitian kualitatif.

 

Masuk langkah yang ketiga, Apa pertanyaan inti dan pertanyaan turunnya dalam penelitian yang dilakukan. Untuk pertanyaan inti fokus dari penelitian itu sendiri contohnya “Bagaimana gambaran kebahagian terhadap individu jomblo ?” sedangkan untuk pertanyaan turunannya beriakatan dengan pertanyaan lebih mendalam beriakatan pernyataan inti tadi. Untuk Langkah yang terakhir beriakatan dengan bagaimana memastikan agar penelitiannya berkualitas, disini peneliti menjelaskan langkah apa yang akan dilakukan oleh si peneliti untuk menjaga dari kualitas penelitian nya itu sendiri.

 

Dari Sharing session yang dilakukan pada hari minggu ini, diharapkan para siswa angkatan 2019 lebih siap dalam memilih nanti metode apa yang akan diangkatnya dalam penelitian skripsi nya. Dan diharapkan lebih mengetahui bagaimana itu penelitian kualitatif sendiri.

 

Penulis : Onja Dasmada Sinaga | Linkedin : onjasinaga

.