Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan Gelar Workshop Tingkatkan Keterampilan Diagnostik Mahasiwa

Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan tidak henti nya memberikan kesempatan kepada mahasiswa nya untuk terus belajar, mengasah kemampuan dan meningkatkan kompetensi langsung dari pakarnya. Kembali menggelar Workshop bertemakan “Peningkatan Keterampilan Diagnostik” secara tatap muka dengan menerapkan protokol keehatan ketat. Berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran Lantai 6, Senin (29/11/21) pukul 08.00 WIB- selesai.

Workshop dibuka oleh Wakil Rektor II mewakili Rektor UHN Medan, Drs. Rusliaman Siahaan, M.M. Dalam sambutannya, Rusliaman mengatakan kegiatan workshop peningkatan diagnostik ini sangat lah penting untuk ditingkatkan mahasiswa psikologi secara khusus agar mahasiswa lebih paham tentang diagnosa skills seperti mendiagnosa karakter dan perilaku yang kemudian setelah itu dilakukan treatment. Beliau juga berharap kepada mahasiswa agar mengikuti dengan baik seluruh rangkaian kegiatan ini.

Melengkapi informasi, workshop ini merupakan workshop kedua kalinya yang merupakan bagian dari rangkaian Program Kompetisi Kampus Merdeka. Program studi Psikologi Universitas HKBP Nommensen merupakan salah satu program studi yang berhasil meraih  Hibah PPKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) tahun anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Tiap mahasiswa selalu diajarkan cara atau keterampilan untuk melakukan analisis masalah sebagai salah satu bentuk cara untuk melakukan diagnosa dalam pengaturan industi maupun perusahaan. Apa saja yang mau diukur, bagaimana proses pengukuran dan pemanfaatannya akan dikupas habis dalam workshop ini,” ucap Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi, Psikolog. Ika juga mnginformasikan bahwa Fakultas psikologi mendapatkan beasiswa dari United Evangelical Mission (UEM) sebagai bentuk kerja sama yang sudah terjalin dan nantinya calon penerima beasiswa akan diwawancarai langsung oleh Dekan dan Wakil Dekan III Fakultas Psikologi.

Pelaksanaan workshop lebih menarik lagi karena menghadirkan pembicara yang mahir dalam bidang Psikometri/ Ilmu terapan statistik pada konsep psikologi yang dikhususkan dalam teknik pengujian, penilaian dan pengukuran psikologis. Adalah Raimundus R Karsono, S.Psi., M.Psi., T.Psi lulusan dari Magister Psikologi Terapan Jurusan Psikometri, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dengan topik “Psikodiagnostik” dipandu oleh moderator Wakil Dekan III Fakultas Psikologi, Nancy Naomi Aritonang, M.Psi, Psikolog . Dilanjutkan dengan sesi kedua dengan topik “Penilaian Perilaku dalam Simulasi” yang dipandu oleh Dosen Psikologi sekaligus Kepala Pusat Karir, Hotpascaman Simbolon, M.Psi. Workshop ini dihadiri oleh  60 peserta yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2019-2020.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan aspek yang perlu diukur dalam psikodiagnostik meliputi perilaku, sikap, motivasi, emosi dan Personality Traits dengan menggunakan beberapa metode pengukuran yang digunakan seperti Test Kognitif Berbasis Perilaku, Tes Bakat & Kepribadian, Wawancara Perilaku dan Simulasi, dimana setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. “ Dalam proses pengukuran informasi yang digunakan untuk menilai disebut sebagai behavior evidence/ bukti perilaku terbagi dua yaitu perilaku yang tidak bisa diamati dapat dilaporkan dengan cara tes psikometrik, behavior Interview dan Situational Judgment Test. Kedua, perilaku nyata yang bisa diamati yang didapat dari metose simulasi, yang juga merupakan syarat utama dalam assesment center dalam seleksi maupun promosi di perusahaan,” ucapnya.

Tidak hanya memaparkan materi saja, Raimundus juga mengajak peserta untuk aktif dalam Simulasi LGD (Leaderles Group Discussion) dengan membentuk 2 kelompok yang terdiri dari Asesi/ yang diuji dan Asesor/penguji dengan memberikan contoh kasus yang harus diselesaikan tiap kelompok asesi maupun asesor. Workshop ini semakin terlihat dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta di setiap sesi nya dengan diselingi sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan penyematan ulos dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada narasumber serta mengabadikan momen dengan foto bersama.

.