Kolaborasi Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan dan Yayasan Pendidikan Tuna Netra (Yapentra)

Fakultas Psikologi terus melakukan sinergi dengan beberapa instansi baik internal Universitas HKBP Nommensen Medan maupun instansi eksternal. Sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Fakultas Psikologi UHN Medan melakukan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Yayasan Pendidikan Tuna Netra (Yapentra) Tanjung Morawa, Senin (22/11/2021).

Penandatanganan MOA dari pihak Fakultas Psikologi dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi Dr. Nenny Ika Putri Simarmata M.Psi., Psikolog sedangkan dari pihak Yayasan Pendidikan Tuna Netra (Yapentra) dilakukan oleh Ketua Yayasan yaitu St. Ir. Toga Uli Hasibuan. Kegiatan MOA ini juga dihadiri oleh Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Rektor IV UHN Medan dan Jabes Silaban, S.Pd mewakili Yapentra, Nancy Naomi G.P Aritonang, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan I Fakultas Psikologi dan Ervina M.R Siahaan, M.Psi, Psikolog selaku Kaprodi Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan.

Kerjasama ini bertujuan untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh para pihak untuk saling membantu dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi, Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

St. Ir. Toga Uli Hasibuan percaya dengan hadirnya para mahasiswa dari Fakultas Psikologi Nommensen ini di Yapentra tentu sangat membantu untuk menjalani kehidupan agar mereka memiliki perlindungan diri, pengetahuan tentang kehidupan ini. “Anak-anak yang ada di Yapentra perlu mendapatkan tambahan-tambahan pengetahuan misalnya salah satu yang penting bagi mereka yaitu supaya kita pengurus mengetahui setiap anak kemana bakat dan hobby nya apa dan juga perilaku-perilaku menyimpang dari anak- anak ini,” ucapnnya.

Dekan Fakultas Psikologi Dr. Nenny Ika Putri Simarmata M.Psi., Psikolog menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Yapentra yang sudah melibatkan Fakultas Psikologi UHN Medan dalam membentuk karakter dengan memberikan pendampingan dan layanan konseling untuk siswa. “Seluruh dosen di Psikologi Nommensen ini memiliki bidang khususnya masing-masing, seperti seleksi dan rekrutmen perusahaan, pendidikan, sosial, juga ke anak-anak berkebutuhan khusus. Supaya anak- anak tau apa bakat dan minatnya supaya mencapai kemandirian tidak merepotkan orang lain dan supaya mereka bisa swadaya ketika sudah dewasa. Kami terbuka dengan apapun untuk kegiatan-kegiatan lainnya kami siap membantu. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa dilaksanakan oleh kedua belah pihak untuk persiapan akreditasi menuju akreditasi unggul di Nommensens,” harap Nenny.

Senada dengan Wakil Rektor IV UHN Medan, Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D merasa sangan bersyukur bisa berbuat sesuai dengan mesin HKBP untuk membuat universitas ini menjadi garam dan terang dunia untuk melayani masyarakat. “Kami dari rektor. Ini salah satu fakultas yang kami harapkan untuk meraih akreditasi unggul. Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik dan bisa berbuah. Sangat bangga dan senang dengan adanya kerjasama ini,” tutup Samse

.