Fakultas Psikologi Memberikan Seminar "Mengajar Online" Kepada Guru SD HKBP Teladan

Jumat, 9 Juli 2021,Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi, Psikolog memberikan materi seminar dengan tema “Mengajar di Masa Pandemik” kepada guru-guru di SD Teladan Medan. Seminar ini merupakan salah satu bagian dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen. 

Di masa pandemik Covid – 19 ini, pendidikan bertransformasi yang ditandai dengan kebangkitan belajar secara daring.  Guru diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat  dan lebih memperhatikan tumbuh kembang peserta didik serta kondisi psikososial dalam melaksanakan proses belajar mengajar selama masa pandemik Covid- 19.

 

Berdasarkan hasil riset, ditemukan beberapa persoalan yang dialami oleh anak didik saat ini, seperti  merasa bosan, demotivasi, mengerjakan PR dengan  ogah-ogahan, konsentrasi berkurang, performance akademik menurun, sedih karena terpisah dari peer group atau teman serta kecanduan  game online.  Di masa pandemik ini, guru diharapkan dapat kreatif dalam menciptakan metode mengajar yang menarik untuk diikuti oleh anak didik, seperti  membagi murid menjadi tim kecil, project based learning – guru memberikan project assignment untuk melatih teamwork, komunikasi dan empati anak didik sehingga tidak hanya memberikan tugas atau memberikan materi pelajaran dengan sistem satu arah.

Proses belajar jangan hanya terfokus kepada materi dan pencapaian kurikulum saja tetapi juga memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mengembangkan kecerdasan majemuk mereka dan memberikan pengembangan karakter agar anak didik tumbuh menjadi pribadi yang memiliki empati, percaya diri, berkolaborasi, bertanggung jawab, dan mampu memberikan solusi atas masalah yang terjadi di masyarakat.

.