Dies Natalis Fakultas Psikologi UHN Medan Ke-19: “Psikologi Hebat, Berkarya Tanpa Batas”

Bertepatan dengan Hari Jadi Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan yang ke-19, Rabu (23/9/2020) di Ruang Rapat Justin Sihombing, Fakultas Psikologi melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya mengadakan Webinar secara daring melalui zoom dan live streaming YouTube UHN Medan Official. Perayaan tahun ini mengusung tema “Psikologi Hebat, Berkarya Tanpa Batas”.

Ketua Panitia Dies Natalis, Ervina Siahaan,M.Psi, Psikolog dalam sambutannya menjelaskan, selama 19 tahun berdirinya Fakultas Psikologi, perayaan Dies Natalis pertama kalinya digelar secara online ditengah pandemic Covid-19 yang sedang melanda dunia. “Dalam rangka memperingati hari jadi Fakultas Psikologi dan berkat dukungan serta kerja sama dari semua pihak, Fakultas Psikologi sudah mengadakan  webinar-webinar serta lomba Psikofeast yang terdiri dari lomba vlog, cerpen, bernyanyi dan stand up komedi, dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Neni Ika Putri, M.Psi, Psikolog menyampaikan sejarah awal Psikologi dibentuk, yaitu pada tahun 2001. “Dengan keterbatasan di tingkat fakultas, dosen tetap dan mahasiswa bekerja keras dalam mengerjakan tugas-tugas dengan sepenuh hati. Psikologi sudah melakukan 10 webinar tingkat nasional dan internasional dalam 4 bulan terakhir, dengan puncak nya hari ini. Berkat kerja keras di semua stakeholder, dukungan dari Rektorat, Para Dosen Tetap yang bekerja keras bersama mahasiswa dan alumni, saya percaya Fakultas Psikologi 3 tahun lagi dapat meraih akreditasi unggul,” ucap Neni.

Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H.,M.H berkesempatan menyampaikan sambutan dalam acara ini. “Atas nama Pimpinan Universitas HKBP Nommensen kami menyampaikan selamat hari jadi yang ke- 19. Mari bertumbuh semakin dewasa untuk mencapai prestasi-prestasi yang hebat pada waktu yang akan datang. Kami dari Universitas dan Yayasan turut berbahagia merasakan kegiatan ini. Semoga fakultas ini dapat mencapai prestasi-prestasi puncak pada waktu yang akan datang tentunya akan membawa nama harum bagi UHN Medan,” ujarnya.

Beliau juga berharap mudah- mudahan Fakultas Psikologi ini dapat mencapai marwahnya sebagai Fakultas Paikologi terbaik di Indonesia, bisa berkontribusi kepada  masyarakat dan bisa memasyarakatkan ilmu psikologi kepada masyarakat. Fakultas Psikologi sangat memiliki potensi yang sangat luar biasa sehingga harus benar-benar dioptimalkan  bersatu padu agar fakultas ini bertransformasi menjadi fakultas terbaik.

Kemeriahan Opening Ceremony ini semakin tampak saat pemotongan tumpeng oleh Dekan Psikologi didampingi oleh Wakil Dekan I dan III serta dilanjutkan dengan pelepasan balon di halaman kampus UHN Medan.

Usai Opening Ceremony, dilanjutkan dengan kegiatan Webinar dipandu oleh Iga Ervita Hasugian. Adapun Narasumber Webinar sesi pertama dibawakan oleh Andrian Lim, Psikolog., Ph.D dari Faculty of Social Sciences, University of Macau dengan materi berjudul “Berkarya dengan Kreativitas Tanpa Batas dalam masa Pandemi. Pemateri menyampaikan bahwasanya kreativitas penting untuk menjawab berbagai permasalahan dalam kehidupan. Dibutuhkan keterampilan untuk mengenali masalah yang ada. Dari identifikasi masalah tersebut, kita akan mendapatkan ide-ide. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan dari mengenali masalah hingga ke implementasi seperti teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Beliau juga menyampaikan bagaimana cara meningkatkan kreativitas  yang alangkah baiknya dilakukan sejak dini.

Selanjutnya, Pemateri kedua dibawa oleh Lovely C. Zega, M.Sc, Psych dengan judul “Produktivitas Tanpa Batas di Masa Pandemi”. Untuk dapat mencapai tujuan, kita dapat menerapkan Prinsip Smart (Spesific, Measurable, Attainable, Realistic dan Timely). Beliau juga menjelaskan bagaimana cara kita untuk menentukan prioritas dengan prinsip Eisenhower yaitu dengan membagi tugas berdasarkan kriteria Penting dan Tidak Penting, Mendesak dan tidak mendesak.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan hadiah giveaway saldo ovo/GoPay sebesar Rp 150.000.- untuk 2 orang pemenang dan 5 buah kaos.

Turut hadir Wakil Dekan I, Ir. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T, Wakil Dekan II, Drs. Rusliaman Siahaan, M.M, Wakil Rektor III, Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, Wakil Rektor IV, Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D, Para Dosen tetap, Tenaga Kependidikan, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Sumut, Dekan Fakultas Psikologi Satya Wacana Salatiga Berta Esti Ari Prasetya, S.Psi.,M.A, Perwakilan RSJ Pemprovsu Ibu Natalia, Ketua HIMPSI Wilayah Sumut selaku Ibu Hilmi, Mahasiswa dan Alumni Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan.

.