Seminar Online Fakultas Psikologi diminati Ratusan Peserta

oleh : Dian gulo & Hotpascaman

Setelah sukses memberikan penanganan konseling individu secara online, kini pada masa pandemik, demi menjawab kebutuhan akan informasi akurat dan tuntutan dari pelayanan jasa psikologi berupa edukasi, Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen melalui tim yang bertugas mengadakan seminar secara online dengan melalui aplikasi zoom dan broadcast live instagram.

Kegiatan pertama seminar ini dimulai sejak 16 Mei 2020, kemarin. Kegiatan ini dimoderatori oleh Hotpascaman Simbolon, M. Psi, Psikolog sebagai salah satu inisiator pelaksanaan seminar ini. Pembicara pada sesi pertama pada pukul 13.00-14.30 adalah Dr. Karina M Brahmana, M. Psi, Psikolog dengan tema “Keseimbangan kehidupan kerja dan keluarga di masa pandemik”. Seminar yang berlangsung selama 1 jam 30 menit ini memaparkan bagaimana Work From Home (WFH) sangat menggiurkan di awal pelaksanaannya. Namun setelah dijalani, WFH tak seindah yang dibayangkan. Dengan segala permasalahan yang dihadapi individu dan keluarga selama WFH pada akhir materi pembicara menyampaikan bagaimana cara menyeimbangkan waktu untuk kerja-keluarga dengan sangat detail.

Adapun sesi kedua yang dilaksanakan dari pukul 14.300-16.00 dan yang menjadi pembicara nya adalah Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Dr. Nenny Ika Simarmata, M. Psi, Psikolog dengan tema “Happiness pada Mahasiswa”. Seminar yang juga berlangsung selama 1 jam 30 menit ini memaparkan hasil riset yang menyatakan bahwa kaum muda lebih rentan mengalami stress pada masa social distancing ini. Lalu, pembicara juga menjelaskan bagaimana kita tetap sehat secara fisik dan psikologis selama masa pandemik. Di akhir materi, pembicara menghimbau seluruh peserta seminar untuk komit pada diri sendiri bahwa kita mau menjadi orang yang happy dengan fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan pada masa pandemik ini.

Kedua seminar ini sukses menarik perhatian masyarakat dimana peserta eksklusif sampai 68  peserta dan live instagram sampai 305 peserta. Banyak diskusi yang terjadi selama kegiatan seminar online ini dan penilaian positif banyak diterima sebagai langkah awal menjawab peran fakultas psikologi untuk turut serta dalammeminimalisir dampak pandemik pada masyarakat luas.

Kegiatan sseminar online masih akan terus berlanjut dan mengikuti jadwal yang tersedia di baawah ini.

No.

Jadwal Kegiatan Seminar Online

Waktu

Pembicara

1.

23 Mei 2020

13.00-14.30

Ervina Siahaan, M. Psi, Psikolog

2.

13 Juni 2020

13.00-14.30

Togi FitriAmbarita.M.Psi,Psikolog

3.

13 Juni 2020

14.30-16.00

Naomi Aritonang,M.Psi,Psikolog

4.

20 juni 2020

13.00-14.30

Hotpascaman Simbolon,M.Psi,Psikolog

 

Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen berharap bahwasanya kegiatan ini menjadi salah satu tambahan bentuk kepedulian dan pengabdian Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen kepada masyarakat, serta mampu mengenalkan peran psikologi dalam menangani dampak psikologis selama pandemik.

.