Bersama dengan Yayasan Sekolah Ekspor dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) Sosialisasi Studi Independen

Khamis 20 Januari 2022, Yayasan Sekolah Ekspor yang diketuaii oleh Bapak Handito Joewono (sebutan sebagai Kepala Sekolah Yayasan Sekolah Ekspor) , dan Bapak Hakun Wira (Dosen dan penanggungjawab Program Magang dan Studi Independen bersertifikat) ITS, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan berbagi pengalaman terkait kegiatan MSIB yakni Studi independen di lingkungan Mitra SEKOLAH EKSPOR. Pemaparan Bapak handito dibuka dengan memberikan kilas balik angkatan pertama yang telah mengikuti Program Pentolah Kemdikbud ini , disertai dengan penampilan beberapa aktifitas seperti pameran digital produk bahkan pameran dan roadshow hasil produk mahasiswa yang mengikuti program MSIB.

Adalah Adellia girsan dan christine yang merupakan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen turut serta dalam pemaparan pengalaman yang dimiliki karena menjadi peserta yang telah ikut dalam studi independen bahkan telah melakukan roadshow produk di beberapa kota termasuk solo dan medan. Pengalaman yang di dapat oleh keduanya merupakan pengalaman yang tidak tergentikan karena tidak di dapat di lingkungan kampus. Pengalaman ini membentuk mereka dalam mengembangkan kompetensi berupa komunikasi aktif serta networking, tidak sampai disitu kemampuan negosiasi mereka juga diutarakan sudah berkembang sejak kegiatan ini tidak hanya memanfaatkan daring namun aktifitas luring dan wajib praktik pada pengembangan produk.

Pemaparan Bpk Handitoo juga diteruskan oleh Pemaparan dari ITS oleh Bpk Hakun Wira, dengan menampilkan proses sosialisasi selama ini berupa perijinan, dan konversi . Turut hadir dalam sosialisasi tersebut adalah Bpk Hotpascaman Simbolon, M,Psi., Psikolog yang merupaka Kepala Pusat Karir Universitas HKBP Nommensen sebagai penaganggungjawab MSIB di UHN Medan. Beliau menyampaikan bentuk-bentuk dukungan UHN Medan untuk melakukan penyebaran informasi, antisipasi persoalan yang sering ditanyakan mahasiswa serta cukup aktif dalam melakukan kordinasi melalui pertemuan dengan kepala program studi.

Pada sesi diskusi banyak sekali pertanyaan dan sharing baik dari pemateri dan peserta termasuk yang sedang melakukan perjalanan untuk kegiatan roadshow sehingga hal ini menjadi kesempatan besar dalam pengembangan mahasiswa bahkan sebelum lulus perkuliahan. Bapak Handito sendiri berharap dengan penjelasan program terbaru berupa DIGITAL EKSPOR, maka diharapkan penambahan kompetensi yang besar juga sehingga mampu menjadi dasar lulusan untuk berkompetisi dan berkolaborasi di dunia usaha dan industri sebagaimana amanah dari Mas Mentri Kemdikbudristekdikti

.