CAREER CENTER Mengadakan Talkshow membahas 5 Kompetensi pada era revolusi 4.0 bersama Assessment Center Indonesia, Telkom Bandung

CAREER CENTER Mengadakan Talkshow membahas 5 Kompetensi pada era revolusi 4.0 bersama Assessment Center Indonesia, Telkom Bandung

Oleh : Yessie Nazary Waruwu

Sebagai Universitas yang telah lama berdiri, Universitas HKBP Nommensen Medan telah banyak melakukan banyak kegiatan yang bertujuan untuk memperlengkapi mahasiswanya. Mengingat semakin berkembangnya zaman dan banyaknya modernisasi. Tak ingin ketinggalan, pihak Universitas selalu melakukan upaya agar selalu lulusan mampu terserap dengan dunia kerja (dunia industri)

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengadakan talkshow, bekerja sama dengan ACI (Assessment Center Indonesia) Telkom Bandungdengan judul “Top 5 Competencies In Industrial Revolution 4.0” yang diadakan pada (24/08) di perpustakaan Universitas HKBP Nommensen. Penggerak dari acara ini adalah Unit Career Center UHN yang dipimpin oleh Bapak Hotpascaman Simbolon, M.Psi, Psikolog.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Drs. Samse Pandiangan, M.Sc. PH.d selaku Wakil Rektor IV dan ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas. Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak WR IV, beliau sangat mendukung acara tersebut dan memberikan apresiasi terhadap penyelenggaran acara tersebut, beliau juga berharap kedepannya akan banyak kegiatan yang mampu mengasah kompetensi mahasiswa terutama dalam menghadapi perubahan zaman.10point penting disampaikan oleh beliau mengenai hal-hal yang sangat penting yang sangat dibutuhkan mahasiswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Erlina Dewi Fitriani, M.Psi, Psikolog sebagai pemateri dalamacara ini mengingatkan bahwa sudah banyak kemajuan teknologi yang terlihat sebagai contoh kecilnya ialah maraknya penggunaan smartphone, gadget dan alat elektronik lainnya. Dikarenakan perkembangan zaman yang pesat, membuat juga banyak orang menjadi lebih individualisme. Dalam materi yang di sampaikan juga, beliau mengatakan bahwa moderinisasi dan alat-alat canggih ibarat tongkat dengan 2 mata yang tajam. Modernisasi akan menjadi tidak baik apabila penggunanya tidak bijak dalam menggunakannya, modernisasi menjadi media yang membuat hilangnya empati dan renggangnya relasi dengan sesama. Dan modernisasi menjadi media yang memudahkan manusia, apabila manusia tersebut dapat dengan bijak menggunakannya.

Hal penting lainnya yang disampaikan Ibu Erlina adalah bahwa makin banyaknya pekerjaan yang hilang, dikarenakan kemajuan teknologi. Namun seiring dengan teknologi yang berkembang ini muncul pula profesi-profesi baru yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya akan menjadi sebuah profesi seperti youtuber dan selebgram.

Berdasarkan pengakuan dari mahasiswa yang telah mengikuti acara ini, mereka mengatakan bahwa dengan adanya acara ini, mahasiswa dibekali dengan ilmu dan wawasan baru. Survey singkat di lakukan di acara tersebut dan dapati bahwa sebagian besar mahasiswa setelah tamat kukiah ingin bekerja dan membuka usaha. Dengan perbekalan dalam bentuk talkshow ini mahasiswa akan menjadi SDM yang lebih baik dan memenuhi kualifikasi.

 

.