Untitled Document

Penulis : serena girsia girsang (mahasiswa fakultas psikologi univ HKBP Nommensen)

Menurut Thomas W Zimmerer kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari. Sedangkan menurut saya, kewirausahaan adalah menciptakan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang yang ada secara inovatif dan mandiri.

Tingkat pengangguran berdasarkan BPS pada agustus 2014, adalah sebanyak 9,5% dari total seluruh lulusan perguruan tinggi, dan angka ini meningkat setiap tahunnya.

Faktor yang menyebabkan angka pengangguran terus meningkat adalah daya saing dan juga peluang untuk bekerja. Daya saing meliputi faktor faktor akademis dan non akademis,seperti penentuan IP sebagai syarat administrasi yang utama,pekerjaan harus sesuai dengan jurusan ketika berkuliah. Sedangkan faktor lain adalah ketersediaan lapangan pekerjaan,penempatan posisi pekerjaan serta penghasilan yang ditawarkan.

Sebagai lulusan dari perguruan tinggi, mahasiswa sudah dibekali persiapan untuk berwirausaha,seperti adanya matakuliah pendukung kewirausahaan. sehingga seharusnya para lulusan bisa menerapkannya dalam berwirausaha. Usaha yang dibuka juga tidak harus selalu sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika berkuliah. 

BR adalah salah satu lulusan dari perguruan tinggi swasta dari jurusan hukum,namun ketika sudah lulus, ia berwirausahan dengan melanjutkan usaha keluarga, dengan memberikan inovasi untuk pemasaran dengan memanfaatkan sosial media.

Kewirausahaan sebagai usaha untuk para lulusan juga harus dipertimbangkan pelaksanaannya,serta resiko yang akan dihadapi kedepannya. Usaha yang dibentuk tanpa persiapan yang matang serta pelaksanaan yang konsisten juga tidak bisa menjamin keberhasilan usaha tersebut dimasa yang akan datang.

Dizaman dengan persaingan yang semkain ketat, sebaiknya mahasiswa tidak lagi hanya memikirkan setelah lulus harus bekerja diinstansi pemerintahan, bekerja harus sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika kuliah, karena sudah banyak lulusan-lulusan lain yang memiliki daya saing yang lebih baik. Tetapi sebaiknya,mahasiswa juga sudah bisa memikirkan kewirausahaan sebagai alternatif karir yang akan dipilih setelah lulus.

BRP Blok 8
BRP BLOK 13
BRP TROPMED
BRP Blok 1
Visi Misi FK & Program Studi
  • career.center@uhn.ac.id
      Jln. Sutomo No.4A Medan
  • Sumatera Utara Indonesia
      (061)4522922; 4522831; 4565635
  • Fax. 4571426