Konsentrasi :
1. Linguistics
2. Literature
Jurusan Bahasa Program Studi Sastra Inggris di UHN telah dibuka bulan September 2001, digagasi oleh Drs. Ben M. Pasaribu, MA. sebagai pengembangan dengan penyatuan Fakultas Kesenian dan Fakultas Sastra menjadi Fakultas Bahasa dan Seni. Jumlah mahasiswa angkatan pertamanya sebanyak 28 orang. Jurusan Bahasa Program Studi Bahasa Ingris UHN ini berorientasi mutu yaitu sesuai dengan kebutuhan pelanggan terutama dunia usaha antara lain : Seni dan Budaya, Perbankan, Manajemen Perhotelan, Industri Pariwisata, Penerjemahan, Jurnalistik.
VISI MISI TUJUAN DAN STRATEGI
PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
2023 – 2027
VISI
Menjadi Program Studi yang unggul di bidang Bahasa dan Sastra Inggris dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing baik di tingkat nasional maupun internasional yang berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo Et Patria) pada tahun 2027
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang Bahasa dan Sastra Inggris di tingkat nasional maupun internasional
- Mengembangkan penelitian bidang Bahasa dan Sastra Inggris dalam meningkatkan mutu materi pengajaran bidang ilmu Linguistik dan Sastra
- Menyelenggarakan pengabdian kepada Masyarakat berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dalam bidang Bahasa dan Sastra Inggris.
- Menyelenggarakan kerjasama strategis dengan mitra dalam dan luar negeri secara berkesinambungan
TUJUAN
Sesuai dengan visi misi yang disebutkan diatas maka ditetapkan tujuan yang harus dicapai sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sesuai kaidah bahasa Inggris;
- Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang kajian Linguistik, Sastra dan Terjemahan Bahasa Inggris yang berdaya saing nasional dan internasional;
- Menghasilkan lulusan yang terampil dalam menerjemahkan dan menyelidiki terjemahan lisan dan tulisan terkait teks komersial, akademik, hukum, dan sastra pada tingkat lokal, nasional, dan internasional dengan memperhatikan wawasan sosial, budaya, dan kebangsaan;
- Menyelenggarakan penelitian yang menunjang materi proses belajar mengajar, kemajuan ilmu bahasa, sastra Inggris, dan penerjemahan;
- Mewujudkan pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam skala lokal, nasional dan regional.
- Mewujudkan kerja sama strategis dengan mitra lokal, nasional dan internasional secara berkesinambungan.unggul dan daya saing di bidang bahasa dan seni
- Mewujudkan kolaborasi berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan seni dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta budaya Batak.
STRATEGI
Dalam mewujudkan visi misi di atas strategi yang dilakukan oleh Program Studi Sastra Inggris adalah sebagai berikut:
- Mewujudkan Program Studi pengelolaan pendidikan tinggi berstandar internasional yang didukung kurikulum bermutu dan berstandar kompetensi nasional dan internasional;
- Mewujudkan lulusan dengan rata-rata penyelesaian studi dalam 8 semester dengan rata-rata IPK 3,20 dan memiliki kompetensi di bidang Linguistik dan Sastra Inggris dengan perkembangan keilmuan dalam skala nasional, regional, dan internasional;
- Mewujudkan keterpaduan antara pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam kurikulum pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan program studi, pemerintah, dan masyarakat;
- Meningkatkan jumlah publikasi dan sitasi karya ilmiah dosen di jurnal nasional maupun internasional;
- Melibatkan kelompok mahasiswa dan dosen dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat setiap tahunnya;
- Mengembangkan dan meningkatkan kerja sama dengan masyarakat, asosiasi profesi, dan lembaga pemerintah minimal satu kali kerja sama dalam setahun, dan;
- Mengembangkan program penelitian yang berorientasi regional, nasional, dan internasional
Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)
No. | Nama Mata Kuliah | Semester | SKS |
---|---|---|---|
1 | Logika Filsafat | II | 2 |
2 | IELTS | VI | 2 |
3 | Personal Development dan Motiv | VI | 3 |
4 | Semantics | IV | 2 |
5 | Sejarah Manusia dan Keb | II | 2 |
6 | Extensive Reading | IV | 3 |
7 | Reading for Gist | II | 2 |
8 | English for Science & Technology | VI | 2 |
9 | Intermediate English Listening | II | 3 |
10 | Syntax | IV | 2 |
11 | English for Banking | VI | 2 |
12 | Dramatic Screenwriting | IV | 2 |
13 | Business Eng Correpondensce | VI | 2 |
19 | Intermediate Grammar | II | 3 |
20 | Non Fictional Writing | IV | 2 |
21 | Entrepreneurship | VI | 2 |
22 | Intermediate Comm Skills | II | 2 |
23 | English for Tourism | VI | 2 |
24 | Pragmatics | IV | 2 |
25 | English for Secretary | VI | 2 |
26 | English for Marketing & Comm | VI | 2 |
27 | Intro to Psycholinguistics | IV | 2 |
28 | English for Journalism | IV | 2 |
29 | Pend Pancasila dan Kewarganegaraan | IV | 3 |
30 | Pend Pancasila dan Kewarganegaraan | II | 2 |
31 | Conditional | IV | 2 |
32 | Drama | VI | 2 |
33 | Pendidikan Etika Kristen | II | 2 |
34 | Essay Writing | II | 2 |
35 | Introduction to Sociolinguistics | IV | 3 |
Total SKS: | 66 |