Seni Musik

Proses pembukaan Jurusan Musik UHN dipersiapkan sangat matang, yang diawali dengan gagasan Prof. Dr. Amudi Pasaribu dan Dr. Philip A. Lewis, yang pada tahun 1986 adalah Rektor dan penasehat Rektor UHN, Dasar pemikiran awal merupakan pengembangan potensi musikal komunitas yang didasarkan pada pesan-pesan dari leluhur HKBP, seperti yang diuraikan oleh Ds. Parti Sihombing, M.Th. ketika menyosialisasikan gagasan tersebut ke gereja-gereja.

Dimulai dengan persiapan teknis dan perancangan kurikulum yang dikerjakan oleh Edward C. Van Ness, MA (atas bantuan dari United Board USA; dan Rhoderick McNeill, Ph.D (atas bantuan dari Australian Evangelical Society), kemudian Drs. Ben M. Pasaribu, MA., direkrut sebagai staff akademik tetap yang pertama. turut mempersiapkan pembukaan jurusan musik, yang pada masa awal diusulkan dibawah Fakultas Musik, kemudian menjadi Fakultas Kesenian dan setelah pengembangan, dirubah menjadi Fakultas Bahasa dan Seni.

Dalam perencanaan kurikulum ditekankan pendekatan dengan konsep World Music yang disesuaikan dari pola yang dikembangkan di berbagai univeritas dunia, diantaranya di Wesleyan University USA dan University of Melbourne. Australia. Dari observasi yang dilakukan pada masyarakat, disusunlah empat minat dalam cakupan program studi musik, yaitu kesenimanan (performance major), Musikologi dan sejarah (History and Musicology), Komposisi dan Teory (Music composition and theory) serta Musik Gerejani (Liturgical Music). Dengan pendekatan di atas. Hampir semua tendesi musikal yang ada dari calon mahasiswa dapat diakomodir.

VISI

Menjadi Program Studi Seni Musik yang bersahabat (cordial) dan unggul di bidang Seni Musik dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Pro Deo et Patria) pada tingkat regional dan nasional.

 

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu di bidang Seni Musik yang profesional, kreatif dan inovatif

2. Melaksanakan penelitian bermutu di bidang  Seni Musik yang profesional, kreatif dan inovatif

3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang bermutu di bidang Musik yang profesional, kreatif dan inovatif

4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di bidang Seni Musik

5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mandiri di bidang Seni Musik

6. Mengembangkan budaya Batak sebagai aset nasional dan internasional

7. Mewujudkan kegiatan akademis prodi Seni Musik yang efisien dan efektif

 

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesioanl sesuai dengan perkembangan kebutuhan stakeholder, berkarakter dan berjiwa enterpreneur (wirausaha) yang memnuhi standar pasar kerja dan mampu bersaing secara lokal, regional, dan nasional dalam ilmu dan keahlian Seni Musik.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu dan keahlian Seni Musik yang teraktual berbasis teknologi, informsai dan komunikasi.

3. Menghasilkan penelitian dan kajian-kajian inovatif mengenai ilmu dan keahlian Seni Musik yang dibutuhkan oleh masyarakat, internal dan eksternal stakeholder.

4. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam ilmu dan keahlian Seni Musik.

5. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah dan swasta tingkat nasional di bidang Seni Musik yang mendukung diversifikasi anggran dan peningkatan kualitas program akadmik dan non akademik.

 

MATA KULIAH GBPP DAN SAP

* GANJIL

* GENAP

 

PROFIL DOSEN

  • Drs. Kamaluddin Sigalingging MSn
  • Ance J. Panggabean, SSn, MSn
  • Junita Batubara, S.Sn, M.Sn, Ph.D
  • Harry D. Situmeang, SSn
  • Hendrik L. Simanjuntak, SSn
  • Kartini R.M. Manalu, S.Sn
  • Dra. Rotua Pangaribuan.M.Hum
  • Dra. Selviana Napitupulu, M.Hum
  • Dra. Sondang Manik , M.Hum
  • Dra. Erika Sinambela, M. Hum
  • Dra. Emmi Simangunsong, M.A