Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika

Program Studi Matematika menjadi salah satu program studi di Jurusan PMIPA, dengan jenjang S1, dan telah Terakreditasi dari BAN dengan nilai B dengan SK Nomor 051/SK/BAN-PT/AK-XV/S/II/2013 tertanggal 14 Februari 2013.

Kami selalu berusaha memperbaiki diri dengan cara sering menyelenggarakan dan mengadiri pertemuan-pertemuan ilmiah baik secara nasional maupun secara internasional. Untuk tahun 2012 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen mendapat penghargaan sebagai PEMAKALAH TERBANYAK dalam Seminar Nasional Matematika dan Terapan (SIMANTAP) 2012 yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Himpunan Matematikawan Indonesia daerah SUMUT dan NAD. Podi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen dipercaya menjadi tuan rumah acara SIMANTAP Tahun 2014.



VISI

Program Studi Pendidikan Matematika menjadi salah satu pusat pembelajaran bagi calon guru Matematika di tingkat sekolah, pusat pelatihan bagi guru-guru Matematika SD, SMP, dan SLTA, serta pusat pengkajian pengembangan Pendidikan Matematika.

MISI

1. Melaksakan proses pembelajaran yang efektif dan berdaya guna.

2. Melaksanakan kegiatan pelatihan/ penataran guru-guru Matematika SD, SMP dan SLTA materi Matematika perencanaan tentang proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran Matematika.

3. Melaksanakan kegiatan pengkajian-pengkajian tentang masalah pendidikan matematika melalui diskusi, seminar, lokakarya dan melakukan penelitian

 

TUJUAN

1. Untuk menghasilkan guru-guru matematika yang berkualitas dan bertanggungjawab, serta mempunyai moral dan etika yang baik.

2. Untuk menghasilkan guru-guru matematika yang mampu mengadaptasi diri pada perubahan dan perkembangan yang terjadi

3. Untuk menghasilkan guru-guru yang mampu mengajarkan Matematika pada siswa secara perorangan atau kelas


SASARAN

Sasaran Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen (UHN) difokuskan pada pencapaian target pada bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan kerjasama.  Keempat sasaran tersebut diuraikan sebagai berikut :

a.    Sasaran di Bidang Pendidikan

Sasaran Program Studi di bidang pendidikan lebih difokuskan untuk membangun suasana akademik yang kondusif dengan melakukanpengawasan penyelenggaraan seluruh sistem pendidikan untuk mencapai standar mutu pendidikan yang diadaptasi oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) yang ditetapkan oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas yang diturunkan dari Lembaga Jaminan Mutu (LJM) Universitas.

Sasaran mutu pendidikan di tingkat program studi adalah :

1. Ketua program studi, sekretaris program studi, dan pejabat struktural lain di tingkat PS mampu melaksanakan kegiatannya sesuai tugas pokok dan fungsi yang sudah ditetapkan.

2. Program Studi Pendidikan Matematika mampu merencanakan, melaksanakan, memonitoring dan mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan dengan baik.

3. Program studi Pendidikan Matematika mengupayakan tercapainya  mutu pendidikan sesuai standar penjaminan mutu yang ditetapkan oleh UJM, antara lain :

- Mahasiswa lulus tepat waktu dengan masa studi antara 4,0 - 4,5 tahun sebesar 75%.

- Mahasiswa lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3,0 sebesar 75%.

- Kehadiran mahasiswa di ruang kuliah atau laboratorium minimal 75% dari 16 kali tatap muka (termasuk UTS dan UAS).

- Kehadiran dosen pada tatap muka di kelas 100% (Jika berhalangan, akan diganti pada hari lain).

- Dosen menyelesaikan seluruh program pembelajaran sesuai silabus dan SAP

- Rata-rata waktu tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan antara 3 bulan sampai 6 bulan. Pencapaian ini dilakukan dengan membangun network dengan institusi swasta dan pemerintah serta organisasi profesional dengan bantuan para alumni.

- Kesesuaian dengan bidang kerja antara 65% sampai 85%. Pencapaian ini adalah dengan melakukan sosialisasi kurikulum kepada stakeholder dan melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan lainnya.

b.   Sasaran di Bidang Penelitian

Sasaran di bidang penelitian lebih difokuskan untuk pengembangan ilmu di program studi pendididkan matematika. Yang dilakukan dalam bentuk penelitian oleh dosen, dosen dengan mahasiswa, dan mahasiswa. Penyediaan dana serta fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dosen dan penelitian dosen dan mahasiswa untuk mencapai standar mutu penelitian yang ditetapkan oleh Fakultas, misalnya; menghasilkan minimal 2 (dua) penelitian per dosen atau penelitian bersama yang dibiayai oleh Lembaga Penelitian (Lemlit) UHN per tahun. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat ditingkatkan kedalam laporan penelitian dan didorong untuk dapat di publikasikan. Publikasi hasi penelitian tersebut dalam bentuk perpustakaan, seminar, majalah/ jurnal.

c.    Sasaran di Bidang Pengabdian

Sasaran program studi pendidikan matematika di bidang pengabdian pada masyarakat lebih dititikberatkan pada pengawasan dan penyediaan dana serta fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian dosen atau pengabdian dosen dan mahasiswa. Untuk mencapai standar mutu yang telah ditetapkan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM),misalnya:

- Menghasilkan minimal 2 (dua) pengabdian dosen yang dibiayai oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat ( LPM) UHN per tahun

- Menghasilkan minimal 2 (dua) pengabdian dosen dan/ atau pengabdian dosen dan mahasiswa yang dibiayai oleh fakultas per tahun

- Menghasilkan minimal 2 (dua) pengabdian dosen  yang dibiayai oleh lembaga lain per tahun.

d.   Sasaran di Bidang Kerjasama

Sasaran program studi pendidikan matematika di bidang kerjasama lebih dititikberatkan pada pengawasan dan penyediaan dana serta fasilitas untuk mencari dan membangun network dengan pengguna lulusan,beasiswa untuk mahasiswa,  lembaga pendidikan, pengembangan sarana dan prasarana, dapat menghasilkan 30 kerjasama  dengan lembaga lain dalam bentuk MoU per tahunnya.


STAF PENGAJAR

No

Nama Dosen Tetap

1

Dr(c). Hotman Simbolon, MS

2

Dr(c). Lasman Malau, M.Pd

3

Drs. Efron Manik, M.Si

4

Dra. Friska Siahaan, M.Pd

5

Drs. Belsasar Sihombing, M.Pd

6

Drs. Simon Panjaitan, M.Pd

7

Dr(c). Firman Pangaribuan, M.Pd

8

Drs. Suprapto Manurung, M.Si.

9

Sanggam P. Gultom, S.Si, M.Si, M.Kom

10

Rut mayasari Simanjuntak, S.Pd

 

MATA KULIAH GBPP DAN SAP

* GANJIL

* GENAP